Sabtu, 16 Februari 2013

Buah Pirdot

Pirdot adalah tumbuhan atau pohon yang buahnya bisa dimakan. Pohonnya lumayan tinggi, batangnya mudah patah, daunnya lebar-lebar dan biasa tumbuh di tepi aliran air atau tempat yang lembab. Buahnya berbentuk bulat sebesar kelereng, kalau sudah matang mengandung cairan seperti lendir yang rasanya manis. Tupai sangat menyukai buah pirdot sehingga sering kali kita menemukan tupai di pohon pirdot. Bukan hanya tupai sewaktu kecil saya sendiri juga suka makan buah ini. Sendiri tidak tahu dimana saja buah ini menyebar. Yang pasti di kampung saya buah ini tumbuh sangat subur. Kampung Saya sendiri berada di "SIGOTOM" yang terletak di Kecamatan Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. Selain buahnya yang bisa dimakan. PIRDOT ini juga bisa dibikin obat bila ada Hewan Yang Terluka. Daunnya yang masih muda di tumbuk sampai halus dan di letakkan tepat di luka tersebut, 1 sampai dengan 2 hari pasti lukanya cepat sembuh. Akan tetapi blm pernah di coba untuk manusia.  Penasaran seperti apakah wujud dan bentuk pohon ini? berikut saya lampirkan foto-fotonya yang saya foto sendiri di Kampung :

 

 
 
Sumber Artikel : PIRDOT


◄ Newer Post Older Post ►