Sabtu, 16 Februari 2013

5 Kartu Merah Terkonyol di Dunia

Unikgaul.com - Kartu merah tidak hanya diberikan wasit kepada pemain jika melakukan tekel keras. Berikut ini adalah 5 kartu merah konyol dan menggelikan di dunia sepakbola.

1. Kaget


Pada pertandingan amatir Sunday League di Inggris, Oktober 2000, striker Cross Farm Park Celtic, Lee Todd, mendapat kartu merah konyol ketika melawan Taunton East Reach Wanderers. Pertandingan baru berlangsung dua detik, Todd langsung mendapat kartu merah.

Insiden itu bermula ketika Todd membelakangi wasit ketika kick-off akan dilakukan. Ketika wasit meniup peluit dengan keras, Todd kaget dan mengatakan, "Fu*k me, that was loud". Wasit mengira Todd mengeluarkan hinaan untuknya.

Rekor kartu merah cepat lainnya di sepakbola profesional didapat David Pratt ketika memperkuat tim Southern Football League, Chippenham Town, melawan Bashley, 29 Desember 2008. Pratt diusir wasit saat pertandingan berjalan tiga detik karena menekel Chris Knowles.

2. Menendang Penyusup


Pada 21 Desember 2011, kiper AZ Alkmaar, Esteban Alvarado, diusir wasit Bas Nijhuis saat pertandingan Piala Belanda melawan Ajax Amsterdam berjalan 37 menit. Penyebabnya kiper asal Kosta Rika itu menendang seorang suporter yang menyusup ke dalam lapangan. Suporter tersebut berusaha menendang Alvarado, dan kiper 23 tahun itu berusaha melakukan pembelaan diri.

Pelatih AZ, Gert Jan Verbeek, kemudian menyuruh semua pemainnya meninggalkan lapangan karena kecewa dengan keputusan wasit Nijhuis. Pertandingan pun ditunda. Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) kemudian menghapus kartu merah Alvarado.

3. Mendorong Petugas Medis


Bek timnas Kamerun, Andre Bikey, mendapat kartu merah yang konyol ketika semifinal Piala Afrika 2008 melawan tuan rumah Ghana, 7 Februari 2008. Pada menit ke-90, pemain Kamerun, Rigobert Song, mengalami cedera di kotak penalti. Wasit Abderahim El Arjoune kemudian memanggil tim medis Kamerun dan petugas medis yang disediakan panitia lokal.

Tim medis Kamerun berusaha memeriksa kondisi Song, namun salah satu petugas medis dari Ghana, Samuel Ashia, ingin Song cepat diangkut ke luar lapangan hingga pertandingan bisa kembali dimulai. Saat itu Ghana lagi tertinggal 0-1. Geram melihat tindakan Ashia, Bikey kemudian mendorongnya hingga terjatuh. Sayangnya, tindakan pemain Middlesbrough itu berbuah kartu merah.

4. Buka Jersey


Sial betul Evgeniy Shakhov. Saat pertandingan Premier League Rusia antara Dnipro Dnipropetrovsk melawan Karpaty Lviv, 30 Oktober 2011, Shakhov seharusnya dimasukkan pelatih Juande Ramos untuk menggantikan bek asal Ghana, Samuel Inkoom, pada menit ke-60. Inkoom yang sudah menerima kartu kuning sebelumnya, memutuskan untuk membuka jerseynya ketika berjalan ke pinggir lapangan.

Tindakan tersebut membuat wasit Oleg Derevinsky memberi Inkoom kartu kuning keduanya. Alhasil Shakhov tidak bisa bermain. Beruntung Dnipro tetap menang 2-0 di pertandingan tersebut. Lucunya Inkoom mengaku melepas jersey karena suhu di Rusia dingin.

5. Gara-gara Sepatu


Saat pertandingan Liga Europa musim 2011/2012 melawan Stoke City, 20 Oktober 2011, bek Maccabi Tel Aviv, Yoav Ziv, diusir wasit dengan cara yang konyol. 10 menit babak kedua berjalan, Ziv menguasai bola di sebelah kiri pertahanan Maccabi. Pemain Stoke, Ryan Shotton, berusaha merebut bola dari kaki Ziv hingga sepatu kiri pemain timnas Israel itu terlepas.

Kesal tidak mendapat pelanggaran, Ziv kemudian menendang sepatu dan mengenai hakim garis. Wasit Anastasios Kakos tidak punya pilihan lain kecuali memberi Ziv kartu merah. Ziv mengaku dirinya tidak sengaja menendang sepatu ke arah hakim garis.
◄ Newer Post Older Post ►