Sabtu, 16 Februari 2013

Pengertian Buta Warna / Ishihara dan Tes Kebutan Warna Mata Anda Disini

Halo Pembaca setia PIRDOT, kali ini admin akan menyajikan artikel tentang buta warna. Apa pembaca pernah mengikuti tes warna? mungkin saat SMA atau saat Ujian Pembuatan SIM? kalau admin sendiri pernah punya pengalaman Tes mata atau buta warna pada saat pengajuan pembuatan SIM, gambar warna yang di tampilkan adalah sama seperti gambar pada akhir artikel ini. Syukur, pada saat itu admin lulus tes, namun sempat juga ada beberapa gambar yang memang kurang jelas, tapi setelah diulang dan di suruh amati benar-benar akhirnya dapat juga. Sampai akhirnya admin pun lulus tes dan mendapatkan sim A dan C sekaligus tanpa bantuan calo atau orang dalam atau yang biasa di sebut Jalur Tol. Ops... Kog admin jadi ceritain SIM ya?? he he he .... 

Berikut ini admin coba menjelaskan dan sekaligus menguji para pembaca setia Blog PIRDOT, tanpa panjang kali lebar kali tinggi berikut penjelasannya

Buta warna merupakan kelainan genetik / bawaan  atau penyakit turunan yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelinan genetik ini juga sering disebut sex linkage, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Dengan demikian prosentase buta warna lebih besar pada pria dari pada wanita. Seorang pria yang mendapatkan gen resesif penyebab buta warna tersebut dari ibunya sudah menampakkan gejala buta warna. Sebaliknya, pada wanita yang hanya mendapatkan sebuah gen resesif buta warna baik dari ayat atau ibunya saja tidak mengalami gejala buta warna. Buta warna pada wanita terjadi jika gen resesif tersebut berada dalam keadaan homozigot, artinya mendapatkan warisan dari ayah dan ibunya sekaligus.
Pada retina terdapat sel batang (basilus) yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut (konus) yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut. Sehingga mata tidak dapat mendeteksi warna yang kita lihat.
Buta warna sendiri dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis yaitu trikromasi, dikromasi dan monokromasi. Buta warna jenis trikomasi adalah perubahan sensitifitas warna dari satu jenis atau lebih sel kerucut. Ada tiga macam trikomasi yaitu:
-Protanomali yang merupakan kelemahan warna merah,
-Deuteromali yaitu kelemahan warna hijau,
-Tritanomali (low blue) yaitu kelemahan warna biru.
sama seperti TV atau komputer yang mengalami kerusakan pada monitor, sehingga terkadang kita seperti kembali ke  jaman dahulu, nonton TV hitam-putih. ha ha ha ah .........!!!!
Jenis buta warna inilah yang paling sering dialami dibandingkan jenis buta warna lainnya.
Dikromasi merupakan tidak adanya satu dari 3 jenis sel kerucut, tediri dari:
-protanopia yaitu tidak adanya sel kerucut warna merah sehingga kecerahan warna merah dan perpaduannya berkurang,
-deuteranopia yaitu tidak adanya sel kerujut yang peka terhadap hijau, dan
-tritanopia untuk warna biru.
Sedangkan monokromasi ditandai dengan hilangnya atau berkurangnya semua penglihatan warna, sehingga yang terlihat hanya putih dan hitam pada jenis typical dan sedikt warna pada jenis atypical. Jenis buta warna ini prevalensinya sangat jarang.
Buta warna dapat dites dengan tes Ishihara, dimana lingkaran – lingkaran berwarna yang beberapa diantaranya dirancang agar ada tulisan tertentu yang hanya dapat dilihat atau tidak dapat dilihat oleh penderita buta warna.
Seperti janji admin pada artikel di atas, pada artikel ini dilampirkan gambar atau foto-foto yang bisa pembaca gunakan untuk mencoba tes mata para pembaca, simak baik-baik yang gambar angka-angka berikut ini:

Angka-angka berapakah yang kalian lihat melalui gambar di bawah ini?

Jawabannya adalah:

Penglihatan Normal

Buta warna sebagian


kiri kanan
Left Right
atas 25 29 atas 25 buram
tengah 45 56 tengah buram 56
bawah 6 8 bawah buram buram
Adakah yang tidak terbaca??? Kalo ada, kuatkan hati karena anda akan divonis buta warna jika diperiksa nanti. Masih kurang? Di bawah masih ada lagi, Orang yang tanpa buta warna akan tanpa kesulitan mengeja angka-angkanya. Sebaliknya, penderita buta warna akan kesulitan menemukan angka yang tersembunyi dalam gradasi warna tersebut:
dibawah adalah angka 2:
di bawah adalah angka 5
DI BAWAH ADALAH ANGKA 42
DI BAWAH ADALAH ANGKA 7
DI BAWAH ADALAH ANGKA 29

DI BAWAH ADALAH ANGKA 6


apakah ada yang tidak bisa anda baca? coba anda ulang sampai beberapa kali, kalau anda memang sudah tidak bisa membacaya, tidak usah mencongkel matanya sendiri, karena anda akan merasakan sakit yang luar biasa. Silahkan anda Konsultasi segera ke dokter terdekat di daerah anda. Jangan ke Dukun atau ke Tukang Ramal, cukup kedokter aja. mengerti kan?? he he he he

Sekian sedikit informasi dari saya, semoga berguna dan bermanfaat.

Salam.........!!!
◄ Newer Post Older Post ►