Selasa, 05 Februari 2013

Misteri Gulungan Naskah di Laut Mati


Misteri Gulungan Naskah di Laut Mati
Gulungan Naskah Laut Mati memang merupakan temuan berupa benda peninggalan yang memuat banyak dokumen penting sejarah, dikabarkan paling banyak tentang kisah para Nabi. Namun naskah kuno masih menyimpan misteri tak terpecahkan dengan memuat kode-kode rahasia.
Gulungan Naskah Laut Mati berdasarkan uji karbon yang dilakukan para ahli dari Chicago, mengahasilkan material sebagai media penulisan naskah itu disimpulkan dari masa 200-an tahun sebelum Masehi.
Para peneliti menemukan naskah yang belum terindentifikasi di antara Gulungan Naskah Laut Mati itu. Teks yang tak terbaca dianggap sebagai Gulungan Naskah memuat peraturan dan hukum dalam Pentateuch yang dikenal sebagai bagian dari lima kitab pertama dalam Bibel Hebrew.
Termasuk di dalamnya Kitab Disiplin Community Rule yang mendeskripsikan bagimana komunitas itu yang bertempat di Qumran mengorganisir kehidupan spiritualnya. Lalu ada bagian yang memaparkan tentang Jalan Keselamatan dan pertempuran antara Putra melawan Putra Kegelapan yang berisi rencana detail perang penghabisan yang dinantikan Qumran.
Gulungan Naskah lainnya berisi soal berbagai komentar-komentar tentang bagian-bagian Bibel, legenda, ramalan, dan berbagai kisah yang tak diketahui yang berhubungan dengan karakter yang tercantum.
Para ahli arkeologi menemukan sebuah situs biara yang berjarak kira-kira 540 meter dari lubang gua pertama ditemukannya Gulungan Naskah Laut Mati. Mereka mengidentifikasinya sebagai Biara Khirbet Qumran.
Khirbet Qumran ini adalah satu komunitas sekte yang sangat ketat mengikuti ajaran para Nabi di zaman sebelum Jesus Kristus. Mereka mengucilkan diri dan menekuni isi kitab-kitab Perjanjian Lama, hidup dengan penuh pengabdian pada sektenya, merapal doa, beribadah dan menyalin kitab tua.
Di situs biara ini ditemukan benda-benda yang berkaitan dengan tulis menulis. Diantaranya ditemukan 2 buah pot tinta, beberapa stylus (alat tulis jaman purba semacam pulpen yang dibuat dari potongan tulang, batu, atau material khusus), dan sebuah guci yang persis sama dengan guci yang ditemukan di gua tempat penyimpanan Gulungan Naskah Laut Mati.


sumber artikel : Misteri Gulungan Naskah di Laut Mati
◄ Newer Post Older Post ►