Jumat, 01 Februari 2013

Lebih Pintar Mana: Kucing atau Anjing???

 

(jelajahunik) Lebih pintar mana sih kucing dengan anjing? Itu adalah pertanyaan klasik yang banyak dipertanyakan oleh orang yang ingin punya peliharaan tetapi belum jelas mau memelihara binatang apa. Dan memang dua binatang ini adalah yang paling banyak menarik minat manusia untuk memeliharanya.

Banyak hal yang membuat kedua binatang ini menjadi pilihan utama manusia untuk dipelihara. Diantaranya adalah karena kucing dan anjing merupakan salah satu binatang tercerdas yang ada di bumi. Lalu, sebenarnya lebih cerdas anjing atau kucing sih??? Berikut ada beberapa aspek perbandingan antara kucing dan anjing yang akan membantu anda menilai tingkat kecerdasan mereka.

Kemampuan fisik : Salah satu alasan memelihara kucing adalah karena mereka merupakan pemburu tikus dan serangga yang sangat handal. Itu sudah terbukti. Dan salah satu alasan memelihara anjing adalah karena mereka kuat dan cepat, sehingga mampu melindungi manusia. So, keduanya memiliki kemampuan yang berbeda tetapi sama-sama dibutuhkan manusia. Bisa dibilang keduanya seri dalam kategori ini.

Kemampuan sosial : Anjing paham kalau dia menggonggong di depan pintu maka akan ada manusia yang membukakannya pintu dan dia bisa keluar, sementara kucing lebih senang "melarikan diri". So, menurut She Knows, anjing menang dalam kategori ini karena lebih mampu bersosialisasi dengan manusia.

Kemampuan bertahan hidup : Kucing bisa membersihkan badannya sendiri, mencari makannya sendiri, dia tidak perlu diajak jalan-jalan keluar rumah oleh majikannya karena dia bisa melakukannya sendiri. Dan kucing juga bisa terlatih menggunakan kamar mandi. Sedangkan anjing perlu dimandikan, diajak jalan-jalan dan diajak keluar rumah jika akan buang kotoran. Untuk kategori ini, She Knows memenangkan kucing.

Kemampuan mendengarkan perintah : Yang paling mudah adalah, anjing akan segera mendekat ketika namanya dipanggil majikannya karena mereka tahu akan diberi makanan. Sedangkan kucing belum tentu mendekat. Namun hal ini bukan berarti kucing tidak paham perintah. Dia tetap paham, hanya saja dia meresponnya dengan caranya sendiri. Kucing tahu kalau namanya dipanggil, tetapi seringnya dia hanya merespon dengan menoleh saja, tidak langsung mendekat. Alhasil dalam kategori ini kemampuan kucing dan anjing kembali dianggap seimbang.

Kemampuan memilih mainan : Kucing itu binatang yang suka pilih-pilih mainan. Dia belum tentu suka dengan mainan mahal yang anda belikan. Sedangkan anjing, dia akan menerima mainan apapun yang anda belikan. Nah loh!!! cerdasan mana coba???

Dari kategori-kategori yang biasa digunakan untuk mengukur kecerdasan hewan di atas, menurut anda cerdasan mana anjing dengan kucing??? Kalau menurut saya sih, membandingkan anjing dan kucing itu seperti membandingkan kekuatan Naruto dengan Sasuke. Keduanya sama-sama kuat dan punya kepribadian, tetapi mereka tumbuh, berkembang, dan menunjukkan kejeniusan mereka dengan cara mereka masing-masing. Sasuke mampu menyerap jurus-jurus yang diajarkan dengan mudah, sementara Naruto mampu menyerap jurus yang susah dipelajari dengan caranya sendiri. Sasuke menarik perhatian orang dengan kegantengannya, sementara Naruto menarik perhatian orang dengan kekonyolan dan keramahannya. ^_^

◄ Newer Post Older Post ►