Kamis, 07 Februari 2013

Fenomena Lac Rose, Laut Unik Berwarna Pink

Laut Lac Rose laut unik ini terletak di semenanjung utara Retba Cap Vert, Senegal, Dakar utara timur. Laut ini pantas dikatakan unik karena airnya yang berwarna pink, keunikan laut Lac Rose,  bila dilihat dari pandangan atas, laut lac rose ini dikelilingi oleh air laut yang berwarna biru, dan Lac Rose sendiri berwarna pink atau merah jambu.
warnah merah jambu atau pink di laut ini disebabkan oleh cyanobacteria yang terdapat didalam air. Warna Air Lac Rose ini akan lebih jelas bila dilihat saat musim kemarau. Danau Lac Rose ini  juga dikenal dengan potensi garam yang tinggi bahkan menyaingi Laut Mati, hal ini menjadi keuntungan bagi penduduk setempat untuk memproduksi garam.
karena kandungan garamnya yang tinggi itu, hampir semua penduduk setempat mengadu nasip disana, sehari-harinya para penduduk menghabiskan waktu 6 s.d 7 jam untuk memprodukdi garam tersebut. Dan menurut penelitian, kandungan garam didanau ini mencapai 40%.
Kandungan garam yang tinggi ini mampu merusak kulit, para penduduk biasanya mengoleskan minyak khusus ke tubuh mereka , yang dihasilkan dari pohon kacang, minyak tersebut memiliki emolien yang dapat mencegah kerusakan jaringan kulit.
Danau tersebut digunakan dalam tugas Amazing Race dengan berjumlah 6 tim yang harus mengutip keranjang garam di dasar danau berwarna floor. Memiliki sejumlah besar mikroorganisme, dan wanita disana menghabiskan waktu sekitar 14 jam dalam sehari untuk mengumpulkan garam. Konsentrasi garam dalam satu liter air sekitar 380 gram.
 
 
 
◄ Newer Post Older Post ►