Rabu, 20 Februari 2013

Berusia 1000 Tahun, Jembatan Kayu Ini Masih Kokoh


(jelajahunik) Sebuah jembatan yang terbuat dari kayu, dan konon telah berusia 1000 tahun, masih kokoh berdiri dan digunakan hingga saat ini di China. Nama jembatan tersebut adalah jembatan Yangmeizhou, berada di desa Xiadang, Shouning County, China.

Dilansir Dailymail, masa pembuatan jembatan unik yang kokoh tersebut adalah dimasa Dinasti Ming, yaitu sekitar 1000 tahun lalu.

Dilihat dari struktur bangunannya, jembatan tersebut memperlihatkan betapa keahlian tangan-tangan pembuatnya sangat tinggi. Kayu-kayu yang digunakan disatukan dengan teknik luar biasa, seperti sebuah tenunan yang terbuat dari kayu.

Bentuk penyangga jembatan yang melengkung menyatu dengan kedua sisi sungai, sedangkan untuk melindungi penggunanya dari hujan dan panas, terdapat atap yang kokoh disepanjang jembatan.

Pada kedua sisi jembatan, hutan dengan tanaman yang rimbun masih pula berdiri, dan tak terganggu oleh tangan-tangan jahil yang merusaknya. Mungkin itu pula yang turut membuat jembatan tersebut awet, karena tak ada banjir bandang melanda yang disebabkan kerusakan lingkungan.

Karena keadaannya yang tetap terjaga walau telah berusia tua, jembatan ini bahkan dimasukkan dalam the state's key cultural relics, atau benda cagar budaya olah UNESCO.

◄ Newer Post Older Post ►