Kamis, 11 April 2013

Tips Agar Tak Gampang Sakit

Hidup sehat jadi impian banyak orang. Agar tak gampang sakit tentu harus menjaga kondisi tubuh. Saat iklim pancaroba seperti ini, ada 7 trik rahasia yang dapat dilakukan seseorang agar selalu bugar dan terhindar dari jatuh sakit seperti yang dikutip dari timesofindia.

Tentunya, penyakit 'berat' atau genetik lebih sulit dihindari. Setidaknya, bila ingin badan tetap fit coba langkah-langkah di bawah ini.



1. Tidur siang
 
networkworld.com

Para dokter sepakat jika waktu tidur siang yang ideal adalah dari jam 1 siang hingga jam 3 sore karena pada waktu inilah tubuh seseorang sangat membutuhkan istirahat. Lagipula jika kurang tidur, tubuh akan mudah kehilangan sel-sel yang bertugas melawan penyakit, termasuk menyebabkan penumpukan kalsium di pembuluh darah serta membatasi produksi hormon pertumbuhan yang menurunkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri.

2. Makan yoghurt
Bakteri probiotik yang ada di dalam yoghurt memberikan dampak luar biasa terhadap kondisi gastrointestinal atau sistem pencernaan. Yoghurt juga membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta memperkuat sistem kekebalan. Disarankan untuk mengonsumsi sedikitnya satu porsi yoghurt setiap harinya,

3. Kurangi porsi makan
Sebuah studi terbaru menemukan ketika diminta makan dengan porsi 25 persen lebih sedikit dari biasanya, partisipan mengalami penurunan kadar kolesterol, trigliserida dan tekanan darah. Tapi bukan berarti Anda tak makan sama sekali.

Untuk menghindari kekurangan vitamin, pastikan apapun yang Anda makan sarat akan gizi. Hindari gula dan cukupkan asupan protein Anda serta jangan lupa mengonsumsi buah dan sayuran segar. Jauhi suplemen, makanan kaleng dan makanan kemasan karena bahan-bahan tersebut tak memberikan efek apapun bagi kesehatan.

4. Latihan yoga
 

crossfitwc.com

Latihan yoga telah lama diketahui mampu memperkuat dan menyeimbangkan sistem kekebalan, termasuk merangsang sistem imun agar dapat menghancurkan bakteri-bakteri penyebab penyakit secara efektif. Latihan yoga secara teratur juga dapat menurunkan sejumlah faktor risiko penyakit jantung, diantaranya tekanan darah tinggi dan kadar gula darah.

5. Memperkuat pertemanan
Orang-orang yang memiliki jaringan pertemanan atau dukungan sosial yang kuat cenderung mempunyai sistem kekebalan yang sehat serta jarang terserang penyakit peradangan. Sebaliknya tak punya teman dekat meningkatkan risiko serangan jantung pertama hingga 50 persen.

Untuk memaksimalkan manfaat dari jejaring sosial tersebut, adakan pertemuan dengan para sahabat saat makan siang, belanja bersama atau sekedar ngobrol via telepon. Tapi hindari email atau penggunaan situs jejaring sosial seperti Facebook kecuali sahabat Anda tinggi di kota atau negara yang berbeda.

6. Perbanyak makan bawang putih
Sudah banyak yang tahu jika bawang putih dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, melawan infeksi dan berperan sebagai antioksidan yang sangat kuat. Bahkan baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa orang yang rajin mengonsumsi bawang putih mengalami pengurangan jumlah hari sakit hingga separuh.

Bumbu dapur ini boleh dimakan dalam keadaan masak atau mentah, tapi hindari suplemen bawang putih.

7. Mandi air dingin
Meski mandi air hangat diketahui dapat memberi Anda tidur yang nyenyak, tapi sebuah studi menunjukkan bahwa mandi air dingin justru memperlancar sirkulasi darah, memperkuat kulit, meningkatkan sistem kekebalan, memperbaiki mood dan memulihkan kembali kondisi tubuh seseorang. Namun idealnya mandi air dingin dilakukan selama lima menit dengan jeda dari satu guyuran air ke guyuran berikutnya adalah 30 detik.

Faktanya, sebuah studi dari Berlin menemukan bahwa paparan air sedingin es menyebabkan kadar glutathione atau salah satu antioksidan alami terbaik tubuh meningkat.




 

Sumber:
detik
◄ Newer Post Older Post ►