Sabtu, 06 April 2013

5 Makanan Tertua di Dunia

Sobat Unik di zaman dahulu sebelum ada lemari pendingin ataupun pengawet, makanan cepat basi dan busuk, sehingga tidak jarang makanan orang-orang terdahulu beberapa tersisa hingga sekarang dalam bentuk sebuah fosil. Makanan-makanan tersebut beberapa  masih menempel di dalam mangku ataupun piring yang ditemukan para arkeolog di situs penggalian benda-benda bersejarah. Berikut uniknya.com merangkum 5 makanan tertua di dunia:


1. Kuburan Wine Miliki Bangsa Romawi

Di suatu masa bangsa Romawi hampir menyebar ke berbagai wilayah dunia, sesuai dengan cita-cita para kaisar mereka yang ingin menguasai dunia. Mereka pun membangun sebuah negeri menjadi makmur, memiliki tentara yang kuat dan membangun jalan-jalan yang digunakan untuk kepentingan perdagangan, pasokan makanan dan pertukaran informasi serta ilmu-pengetahuan. Bahkan ketika mereka meninggal beberapa bahkan membawa botol wine ke liang kuburnya, sebuah botol yang menginspirasi botol-botol wine saat ini. Fosil wine ditemukan ketika para ahli arkeolog melakukan penggalian di Jerman, bahkan sebetulnya bukan sebuah fosil melainkan wine yang masih dalam cairan utuh. Wine tersebut ditemukan di dua sarkofagus bersama botol-botol kering lain di sekitarnya. 

Menurut peneliti wine tersebut menjadi awet karena penggunaal minyak zaitun yang terdapat di bagian gabusnya (tutup) sehingga mencegahnya dari oksidasi.
Sobat Unik penasaran dengan rasa wine yang telah berusia 1600 tahun tersebut? Jangan salah, wine tersebut telah berubah mengandung lilin, berdedak (mengandung lumpur) bahkan kandungan alkoholnya sudah tidak ada lagi.


 2. Roti Gosong Inggris

 Beberapa orang menyebutkan terowongan ini merupakan tempat sampah, namun ada pula yang mengatakan merupakan tempat ritual pengorbanan. Apapun itu ketika era Abad 21 tiba, tempat tersebut merupakan sebuah lubang besar yang dibanjiri oleh air dengan bau ruangan menyerupai roti gosong dan benda aneh neolitik lainnya. Fosil roti gosong ini ditemukan di kawasan Oxfordshire, Inggris, dengan perkiraan sudah berusia 5500 tahun. Sebelumnya fosil roti gosong ini pernah diduga sebagai  kayu arang. Namun ketika salah seorang arkeolog meneliti remah-remahnya, ia memastikan bahwa fosil tersebut merupakan roti. Jika usia roti tersebut benar, maka fosil tersebut merupakan roti yang dibawa oleh orang-orang Eropa ketika memasuki Inggris melalui terowongan rahasia.
 

3. Sup Tulang

Fosil sup tulang ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pekerja proyek pembangunan bandara terbaru di China, secara tak sengaja menemukan benda arkeologi tersebut ketika melakukan penggalian untuk  membuat jalan baru. Sup tersebut terdapat dalam sebuah mangku perunggu yang masih tertutup rapat dan ditemukan di sebuah makam di wiliayah dekat Xian. Diperkirakan sup yang di dalamnya masih terdapat tulang tersebut berusia 2400 tahun.

4. Mentega Manusia Bog

http://www.indojamtangan.com
Sobat unik 3000 tahun yang lalu di Irlandia tidak banyak tempat untuk menyimpan mentega sebanyak 77 pon barel. Simpulan tersebut berdasar pada sebuah penemuan ketika dilakukan penggalian arkeologi di situs Kildare, tempat ditemukanya mumi manusia bog. Meski demikian fosil mentega bog ini baru ditemukan pada 2009 lalu masih dalam keadaan utuh, namun sudah berupa lilin putih yang biasa disebut dengan adipocere.
 

5. Mie Pertama di Dunia

http://www.unikgaul.com
Banyak pihak yang mengklaim bahwa merekalah pencipta mie pertama di dunia, mulai bangsa China, Italia hingga Arab mereka menginginkan sebuah pengakuan. Namun penemuan mie di Situs Arkeologi Lajia di Sungai Kuning China, membuktikan siapa yang memiliki mie tertua di dunia. dikabarkan 4000 tahun lalu di kawasan Lajia pernah terjadi gemba bumi yang menyebabkan Sungai Kuning meluap dan mengakibatkan banjir yang menghanyutkan penduduk sekitar Lajia. Dan kemungkinan fosil mie yang ditemukan bersama mangkuk tertutupnya ini milik seseorang, karena tertutup maka mie secara tak sengaja terawetkan.
◄ Newer Post Older Post ►