Jumat, 12 April 2013

Tahukah Anda Awalnya BlackBerry Nyaris Diberi Nama Strawberry?


(jelajahunik)

Research in Motion (RIM) IM didirikan pertama kali oleh seorang imigran Yunani di kota Waterloo, Kanada. Pendiri Research in Motion, Mike Lazaridis dilahirkan di Turki, pernah membuat sebuah alat rekaman dari Lego pada umur 4 (empat) tahun, membuat sebuah radio pada umur 5 (lima) tahun, dan pernah belajar di Universitas Waterloo, seperti yang dikutip Serupedia.

Dia memilih untuk berhenati dari studinya setelah memenangkan kontrak senilai 560 ribu US Dollar. Para perencana ekonomi pernah meramalkan bahwa sekelompok pesaing besar akan menenggelamkan produk Blackberry dengan membanjiri pasar dengan produk yang serupa. Namun sampai saat ini, tidak ada satu pun perusahaan seperti Nokia, Motorola atau bahkan Microsoft yang sanggup menjadi pesaing untuk Blackberry.

Kegemilangan merek Blackbery berdasarkan penampilannya yang sangat ramah pengguna (user friendly) dan para pengguna bisa saling terhubung satu sama lain di manapun dia berada. Anda dapat sering mengakses email (saat ini Facebook, Blogging, dll). Sejak diluncurkan pada tahun 1999, Blackberry telah memiliki lebih dari 8 juta pelanggan di seluruh dunia. Sejalan dengan peningkatan kemampuan layanan komunikasi seluler, Blackberry pun turut sama meningkat. Dengan makin turunnya biaya biaya komunikasi, akhirnya Blackberry  menjadi sangat fenomenal di seluruh dunia.

Awalnya, Blackberry ingin dinamakan POCKET LINK, yaitu sebuah nama yang multi fungsi namun membosankan. Kemudian, ia juga hampir dinamakan sebagai STRAWBERRY, karena produknya yang mirip dengan buah strawberry. Akhirnya, dengan perseutujuan semua pihak, ia dinamakan BLACKBERRY, yaitu sebuah nama yang akrab dan lebih cerdas.

Blackberry pada awalnya masuk ke pasar pertama kali dengan memfokuskan pada layanan e-mail cepat. Pada awalnya, produk keluaran Blackberry hanya memiliki layar jenis monokrom, tetapi sekarang semua modelnya sudah memiliki layar berwarna.

Saat ini, RIM juga menawarkan layanan email Blackberry untuk produk-produk bukan Blackberry seperti Palm Treo dan Nokia E61, melalui perangkat lunak Blackberry Connect.

Mengapa banyak orang yang meminati produk BlackBerry? Salah satunya adalah kompatibilitas yang tinggi dalam mengirim dan menerima email: secepat mengirim dan menerima SMS.

Blackberry kini seakan menjadi gadget yang wajib dimilki oleh para remaja yang ingin diakui. Setelah aplikasi Gossip Girl secara fenomena mempromosikan Blackberry, gadget ini telah dilabel oleh anak-anak muda sebagai lambang status kelas atas.

Bayangkan Blackberry yang anda pakai sekarang menggunakan nama Strawberry…? Keren nggak ya…?

◄ Newer Post Older Post ►