Jumat, 17 Agustus 2012

Inilah Sungai Terpendek Di Dunia

http://duniakaomao.blogspot.com/

Anda tentu tahu sungai Nil bukan? Ya, sungai yang satu ini dikenal sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai ini terbentang di wilayah Afrika dengan panjang mencapai 6650 kilometer.

Jika sungai Nil menjadi yang terpanjang, lalu manakah sungai yang diklaim paling terpendek di Indonesia? Usut punya usut, rupanya sungai tersebut ada di tanah air Indonesia, atau lebih tepatnya di Sulawesi Tenggara. Wah!

Tamborasi, demikian nama sungai tersebut. Sungai ini diklaim sebagai sungai terpendek di dunia. Panjangnya hanya mencapai 20 meter saja sementara lebarnya sekitar 15 meter.

Ukuran mini tersebut membuat Tamborasi tidak terlihat seperti sungai, melainkan sebuah danau. Tetapi aliran airnya menunjukkan bahwa ini memang sebuah sungai. Situs ensiklopedia terbesar di dunia, Wikipedia, juga mengakui catatan tersebut.

Sungai Tamborasi terletak di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk mencapai sungai mini tersebut, Anda bisa mengaksesnya lewat darat. Jaraknya yang hanya sekitar 90 meter dari kota Kolaka menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1-2 jam.



Airnya berwarna hijau jernih, dijamin segar saat mandi di sini.

Yang paling menarik, walau terbilang sangat kecil sungai ini masih sangat asri. Airnya yang berwarna jernih kehijauan dijamin akan menghipnotis mata Anda. Sangat berbeda dengan pemandangan sungai-sungai besar yang ada di wilayah perkotaan. Anda bisa menikmati aktivitas berenang yang menyenangkan. Tidak hanya itu, pepohonan rindang yang ada disekitarnya membuat udara terasa lebih sejuk dan segar.


Bermuara ke Pantai Tambora, di sini airnya lebih hangat.

http://duniakaomao.blogspot.com/
Antara sejuk dan hangat, dua pilihan yang bisa dinikmati saat berendam di Tamborasi

Jika Anda berenang ke hulu, Anda akan langsung berhadapan dengan pantai Tamborasi. Di sini pemandangan yang ada lebih menakjubkan lagi. Pasir putihnya yang cantik mampu melengekapi keindahan pemandangan alam di sini. Namun berbeda dengan di sungai, air di pantai Tambora bersuhu lebih hangat. Dengan demikian Anda memiliki dua pilihan air, antara segar dan hangat.

So jika Anda berinisiatif melakukan liburan untuk menyegarkan pikiran dan tubuh, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat ini. Sebagai tambahan, saat menuju sungai, Anda juga akan disuguhkan pemandangan yang menawan dari gunung marmer di sepanjang jalan.
◄ Newer Post Older Post ►