Kamis, 09 Agustus 2012

Pulau Simping,Pulau Terkecil Di Dunia

hhhaaaii,..hhehe kali ini saya akan posting tentang "Pulau Terkecil di Dunia, Pulau Simping Kalimantan Barat"
Kalian tahu ga pulau tebesar di dunia itu pulau apa?Greenland!benar,..kalau negara kepulauan terbesardi dunia?Indonesia donk!benar lagi. Negara terkecil di dunia? Vatican City, luasnya cuma 0,44km2. Pinter banget sih loe,..hhaha. Nah kalau pulatu terkecl di dunia? ini dia...!!!

Adalah Pulau Simping, pulau terkecil di dunia. Pulau ini sebelumnya dikenal dengan sebutan Pulau Kelapa Dua terletak di Teluk Mak Jantu, tepatnya di kawasan Taman Pulau Sinka, Singkawang. Luas pulau Simping sekitar 1 hektar, namun sampai sekarang belum ada pengukuran yang psati tentang pulau ini. Pulau Simping terdiri dari pasir, batu dan beberapa pohon diatasnya. Di dalam pulau ini juga terdapat kelenteng disinilah para penghuni yang keturunan Cina memanjatkan doa kawan. jaraknya sekita 3-4 jam dari pontianak ke pulau sinka sebagai penghubung ke pulau simping.

tak perlu perahu untuk menyeberang ke pulau ini dari pulau sinka, hanya perlu jalan kaki bung!hhaha. Ya, penghubung antara pulau sinka dan pulau simping adalah suatu jembatan, jadi tak perlu sewa perahu untuk ke pulau ini.
Di pulau ini hanya ada pasir, batu dan sebuah klenteng yang digunakan orang tiong hoa untuk berdoa. Sangat asik sepertinya berada di pulau ini. Kita dapat berteduh di bawah pohon dengan angin sepoy-sepoy. Jika kita melihat ke arah Kalimantan kita bisa melihat perbukitan hijau yang sangat indah. karena ombaknya tidak ganas dan lautnya cukup dangkal maka kita bisa bermain-main dengan air.
 
Pulau Simping - Sinka Island Singkawang
Yang menarik lagi, katannya pulau ini dinobatkan sebagai pulau terkceil di dunia oleh PBB, seperti kata tulisan di bawah ini ni.
Belum jelas siapa yang memasang papan tulisan itu. Namun diduga yang memasang adalah pengelola pulau itu, pengelola wisata kawasan Sinka Park Island atau bisa juga Taman Safari dan Kebun Binatang Sinka Zoo yang lokasinya memang bersebelahan atau berjarak sekitar 100 meter dari Pulau Simping. Namun kebenaran tentang papan itu diragukan banyak pihak, karena tidak ada nama yang bersangkutan pemasang papan itu jadi tidak ada landasan hukum yang pasti. Diduga papan itu dipasang untuk menrik para wisatawan agar datang berkunjung.

Nah saingan pulau ini adalah Bishop Rock di Inggris. kalau yang satu ini sudah diakui dan masuk di Guiness Book of Record. Pulau ini ada di perbatasan antara inggris dan atlantik. di pulau ini hanya cukup untuk satu bangunan, yaitu mercusuar setinggi 45 meter.

Menurut saya yang terkecil adalah Pulau Simping, kalau kalian?hhehe. Terlepas dari pulau terkecil atau bukan perlu diakui bahwa pulau simping memang unik dan perlu dijaga. Nah itu dia sedikit wacana dari saya, semoga bermanfaat yah ^_^

◄ Newer Post Older Post ►