Jumat, 10 Agustus 2012

Orang Indonesia Hanya Hampir Lulus SD

Kepala Lembaga Demografi Universitas Indonesia, Sonny Harry B Harmadi mengatakan, masalah kependudukan di Indonesia sudah menjadi masalah yang serius. Di bidang pendidikan saja, rata-rata orang Indonesia hanya mencapai tingkat 'hampir lulus sekolah dasar'.
"Rata-rata lama sekolah penduduk Indonesia itu 5,7 tahun. Artinya hampir lulus SD, belum sampai lulus," katanya di dalam diskusi mingguan Polemik di Warung Daun Cikini, Sabtu (29/1/2011).
Oleh karena itu, penyerapan tenaga kerja bisa tergolong banyak, tapi untuk tingkat rendah seperti buruh. Hal ini tak lain karena tingkat pendidikan sumber daya manusianya yang sangat rendah.
Maka, Sonny berharap, ke depan masalah kualitas hidup penduduk, yang terkait kesehatan dan pendidikan, harus makin ditingkatkan oleh pemerintah. Namun, potret yang tak menggembirakan juga ada pada aspek kualitas hidup anak-anak atau generasi muda saat ini. Padahal, mereka menjadi kunci kemajuan Indonesia di masa yang akan datang.
Menurut survei, lanjut Sonny, sekitar 3,7 bayi dan balita di Indonesia mengalami gizi buruk yang mengakibatkan anak kekurangan berat badan. Sementara itu, tercatat pula ada 7,8 juta bayi dan balita yang mengalami gizi kronis atau yang mengalami kekurangan tinggi badan.
"Jumlahnya sangat banyak. Kita belum tahu yang mengalami sekaligus gizi buruk dan gizi kronis," tambahnya. (kompas)
◄ Newer Post Older Post ►