Jumat, 10 Agustus 2012

Nasehat Momo Soal Pendidikan

Momo anggep pendidikan itu ibarat udara. Udara itu penting banget buat kelangsungan hidup. Kalo udara nggak ada ya pada metong semuanya yang ada di bumi ini. Nah gitu juga impian dan cita-cita, kalo nggak punya pendidikan yang jelas nggak bakal bisa jadi kenyataan. Udara itu nggak bisa di liat tapi bisa di rasain dan bermanfaat. Sama, pendidikan juga kayak gitu. Kita nggak tau apa yang bakal terjadi sewaktu kita mengenyam pendidikan. Walaupun cita-cita kita nggak kesampean padahal udah sekolah tinggi-tinggi (sampe naek ke atas genteng), tapi pendidikan yang kita dapet bakal berguna buat hal dan orang lain. Program Pemerintah
Gambar dari petra.ac.id
Sekarang kan udah ada program pemerintah yang ngewajibin anak bangsa Indonesia ini belajar 9 tahun. Tapi kok kenapa masih aja ada yang nggak sekolah sampe tingkat SMP? Bukannya program pemerintah wajib belajar 9 tahun ini gratis? Kan yang penting ada niat terus bawa tuh badan dateng ke sekolahan buat daftar. Apa sampe segitu buruknya niat belajar anak bangsa ini? Jangan ngeluh, karena orang yang nggak sekolah sama sekali paling cuma jadi tukang arit rumput.
Pendidikan Gratis, Guru Nyaris Gratis
Gambar oleh ayurai
Bayangin dah tuh! Pendidikan udah di kasih gratis, tapi minat belajar anak bangsa ini tetep aja mental cemen. Padahal gurunya pun udah di kasih yang nyaris gratis loh. Guru yang ngajarin ini itu malah sampe harus ngajar lebih dari satu mata pelajaran cuma di kasih Rp 5.000,- per jamnya. Sehari 2 jam seminggu 3 kali ngajar. Aihhhhh momo sih ogah. Tapi para guru nggak berenti buat ngajarin anak didiknya. Karena para guru yakin, pendidikan yang mereka kasih bakal ada dari anak muridnya yang jadi seorang Presiden Republik Indonesia dan minimal bakal jadi pengusaha.
Ada Uang, Ada Kualitas
Guru pun ada tingkatannya, tapi bukan tingkatan jabatan yah yang momo bahas disini. Kualitas seorang guru ngajarin anak didiknya. Guru yang berkualitas dapet bayaran yang berkualitas pula. Ciri-ciri guru yang berkualitas salah satunya punya sertifikasi dari pemerintah. Dan cara ngajarnya berkualitas, dateng ke sekolah masuk ke kelas duduk manis di meja guru terus ngasih tugas ke anak muridnya. Kalo tugasnya nggak selesai sampe bel bunyi, tuh tugas di jadiin PR. Mantap dah nih guru bener-bener berkualitas. Nggak banyak omong tapi ngasih pengajaran yang padet ke anak didiknya.

Bukan cuma guru yang ada kualitasnya, tapi fasilitas dan gedung sekolah pun ada tingkatan kualitasnya. Gedung sekolah yang berkualitas harusnya punya fasilitas kayak kolam renang buat praktek olahraga, café buat tempat makan siang anak didiknya, ruang karaoke buat ngelatih suara yang ikut paduan suara, spa buat tempat mandi anak didiknya karena abis olahraga bau badan, banyak deh pokoknya. Contoh noh bangun gedung sekolah kayak gedung DPR.
Buku Adalah Pendidikan
Gambar oleh Liza Fathia
Buku salah satu fasilitas kelengkapan proses belajar mengajar. Banyak baca banyak ilmu. Begitu kata banyak orang, tapi pergi kemana minat baca anak bangsa ini? Bukannya udah di kasih rekomendasi dari pihak sekolah buku yang harus di beli? Kalo nggak punya buku gimana mau belajar? Buat apa kalian sekolah kalo nggak belajar? Mending nggak usah idup aja lu sekalian. Termosi nih jadinya momo.
Tapi tunggu dulu, nggak etis kalo momo nyalahin anak bangsa kita sendiri. Momo itu cinta Indonesia. Mari kita telusuri kenapa para pelajar nggak mau beli buku buat belajar? Minimal kan beli LKS buat latihan! Yuk ah simak cerita dan pengalaman momo.

Ceritanya kemarin momo pergi ke salah satu percetakan dan penerbit yang ada di kota Depok. Udah cukup terkenal percetakan dan penerbit ini. Dateng bergaya ala kantoran nggak lupa pake dasi dengan alasan mau beli buku LKS buat anak murid dan ngaku sebagai wakil ketua yayasan. Setelah ngobrol banyak akhirnya momo di kasih tau harga asli buku LKS yang di jual sama para penerbit. Inget para penerbit, jadi bukan cuma percetakan dan penerbit tuh perusahaan aja. Tapi merata hampir semuanya. Temen-temen JB tau harganya berapa? SERIBU LIMA RATUS RUPIAH, sedangkan di sekolah di jual dengan harga Rp 8.000,-. Kan bisa aja karena pajak jadi mahal kayak gitu! Siapa yang bilang? Coba liat UU pemerintah tentang pajak kertas. GRATIS. Cukup sekian cerita momo setelah tau kenyataan yang sebenarnya seperti apa.
Pesen dari momo buat temen-temen JB, guru itu sama dengan orangtua kandung kita yang ngedidik kita dari kecil. Jadi kalian semestinya tau apa yang harus kalian lakuin ke orangtua kandung kalian sendiri. Pendidikan itu penting. Jangan menunggu kalo saya punya duit, tapi mulai bertindak ngasih orang terdekat kalian pendidikan yang mereka butuhin. Memberikan sebuah buku ato pengarahan gratis sudah merupakan tindakan.




sumber

◄ Newer Post Older Post ►