Jumat, 10 Agustus 2012

Meja Makan Senilai Rp 1 Miliar Masuk Muri

Meja makan pada umumnya memiliki panjang kurang lebih 5 meter. Tetapi di Demak, Jawa tengah, sebuah meja makan mempunyai ukuran 9 x 2,3 meter. Meja buatan PT. Saniharto Enggalharjo yang memiliki berat 3,4 ton tersebut, mampu memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri), Jumat (10/8/2012) sebagai meja mozaik utuh terbesar di Indonesia.Istimewanya lagi, meja berukuran jumbo produksi perusahaan meubel yang terletak di Jalan Raya Semarang-Demak KM 12,9 itu, terbuat dari walnut burl veneer dan ratusan inlay veneer dikelilingi ukiran finishing gold leaf atau lapisan emas.
"Setelah kami lakukan pengukuran ternyata panjangnya 9,01 m dan lebarnya 3,32 m. Ini merupakan meja terbesar yang tercatat di rekor Muri," terang Sri Widayati, manager Muri.
Sri Widayati menjelaskan, sebelumnya pernah ada empat meja besar yang tercatat di rekor Muri, akan tetapi tidak sebesar meja buatan PT. Saniharto. Meja yang terbuat dari berbagi jenis kayu itu, tercatat di Muri yang ke-5544.
"Kami merasa bangga, satu lagi hasil karya anak bangsa tercatat di Muri," Kata Sri.
Sementara itu, Harsono Enggalharjo, presiden direktur PT. Saniharto Enggalharjo, tidak menyangka bahwa meja yang dibuat oleh perusahaannya tercatat di rekor Muri. Awalnya, perusahaannya tertantang setelah mendapatkan pesanan meja dari seorang warga Singapura, yang meminta meja makan dengan ukuran besar. Setelah dua tahun melakukan persiapan dan bekerja semaksimal mungkin, serta mengalami pengulangan produksi hingga sebanyak lima kali, akhirnya meja mozaik utuh tersebut berhasil diselesaikan.
"Ini asli buatan Indonesia, mulai dari perencanaan sampai finishing, yang mengerjakan karyawan saya, yang dijamin 100 persen WNI," kata Harsono bersemangat.
Meja makan mozaik yang rencanya juga akan didaftarkan di Guinness World Records, menghabiskan dana lebih dari Rp 1 miliar. "Kalau dihitung-hitung nggak cucuk, istilahnya ya rugi, tetapi kami puas," ucap Harsono.




sumber

◄ Newer Post Older Post ►