Minggu, 12 Agustus 2012

Kebiasaan Yang Dapat Mderusak Kulit Di Dunia

Banyak wanita melakukan segala jenis perawatan untuk kulit tampak lebih cantik. Banyak juga yang hanya melakukan perawatan kulit sederhana dengan rajin membersihkannya dan menggunakan pelembab.

Namun, semua usaha dapat percuma jika tetap melakukan kebiasaan buruk yang merusak kulit. Jika berhasil menghindari sejumlah 'pantangan' kecantikan berikut, Anda tidak perlu melakukan perawatan mahal. Berikut hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan untuk menjaga kecantikan kulit, seperti dikutip dari laman Idiva.


1. Membersikan wajah dengan air panas
Jika tubuh terasa capai, kucuran air panas akan menjadi obat mujarab. Namun jangan salah, kucuran air panas pada wajah dapat merusak kelembutan kulit wajah. "Jika kulit Anda sangat rentan kemerahan, panas dapat melepahkan kapiler kulit dan membuatnya lebih parah," ujar Shula Starkey, penemu Ark Skincare.

Dr. Jamuna Pai, ahli kecantikan juga menyarankan untuk tidak menggunakan air panas pada kulit wajah dan kepala. "Kulit akan kehilangan minyak esensial jika menggunakan air panas," ujarnya.


2. Stres
Stres tidak hanya memberikan dampak negatif pada kesehatan, tetapi juga merugikan kulit Anda. Cobalah yoga dan bernapas dalam-dalam, serta gunakan produk kecantikan untuk menghilangkan tekanan pada kulit.

"Hormon stres, kortisol adalah musuh terburuk bagi penuaan kulit. Hindari kopi dan alkohol karena zat tersebut dapat meningkatkan kortisol," ujar Starkey.


3. Gunakan pembersih wajah instan
Banyak beredar di pasaran produk pembersih wajah yang sangat instan. Namun, tidak ada yang menjamin produk tersebut dapat membersihkan kulit hingga di sela-sela pori-pori. Pembersihan yang tidak memadai dapat menyebabkan penumpukan bakteri dan rusaknya kulit.

"Membersihkan kulit adalah sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Gunakan make up remover jika Anda menggunakan make up. Jangan mengganti make up remover dengan pembersih biasa," ujar Dermatolog Dr Apratim Goel.


4. Diet sembarangan
"Jenis makanan yang dikonsumsi akan menurunkan kualitas kulit," ujar Deepshikha Agarwal, ahli diet dan gizi. Diet ketat yang rendah lemak dapat membuat kulit kusam dan memicu penuaan dini.
Padahal, lemak sangat penting untuk kesehatan kulit, memperbaikinya, pelembab alami, dan menjaga kekenyalan kulit. Asam lemak esensial dari minyak ikan, telur, sayuran hijau sangat penting untuk kulit.

5. Gemar konsumsi camilan manis
Terlalu banyak gula dalam aliran darah dapat memperlebar pinggang Anda. Selain itu, gula menyebabkan keriput pada wajah. "Glikasi adalah proses di mana gula dalam darah bereaksi dalam kolagen kulit dan merubah struktur kekenyalan kulit, serta mengakibatkan penuaan dini,"
ujar ahli gizi Melanie Flower.

Proses ini berjalan cepat bagi orang yang memiliki sedikit insulin. "Makanan ringan kaya protein adalah pilihan terbaik terutama kacang-kacangan dan biji-bijian karena mengandung minyak yang ramah pada kulit," ujarnya.


6. Tidak menggunakan pelindung matahari
Jika hanya menggunakan pelembab yang mengandung SPF di waktu matahari bersinar terik, Anda tidak melakukan perlindungan yang cukup. "Sangat penting menggunakan pelembab yang mengandung SPF setiap hari tanpa terkecuali. Gunakan SPF 30 atau lebih," ujar ahli kecantikan Ritu Tanwar.

7. Mengabaikan kulit leher
"Anda harus melakukan perawatan pada leher sama seperti merawat kulit wajah," ujar Dermatolog Dr. Stefanie Williams. Jadi, gunakan produk kecantikan dari wajah hingga leher. Selain itu, gunakan serum antioksidan sebelum pelembab SPF setiap hari.
◄ Newer Post Older Post ►