Senin, 20 Agustus 2012

Gaya Hidup Penyebab Pria Mandul

Beginilah Gaya Hidup yang Bikin Pria Mandul
Kemandulan pada pria juga bisa dipicu oleh gaya hidup tak sehat. Menurut ahli urologi dari Asri Urology Center di Rumah Sakit Asri Jakarta, Nur Rasyid, gaya hidup tak sehat dapat memengaruhi kualitas spermatozoa.

Ini lantaran sperma paling baik diproduksi dalam suhu dua hingga empat derajat celsius lebih rendah dari suhu tubuh.
Maka, jika sering melakukan gaya hidup yang membuat testis justru lebih panas dari suhu tubuh, akan membuat produksi spermatozoa menurun. Misalnya adalah berendam di air panas, sauna, memangku laptop saat bekerja, atau pun memakai celana yang terlalu ketat. Merokok dan minum alkohol juga bisa menyebabkan kelainan pada spermatozoa. Penggunaan steroid atau obat-obatan hormonal juga mempe ngaruhinya spermatozoa.
Kelainan spermatozoa bisa berupa kelainan jumlah (oligo), gerakan (astheno), ataupun bentuknya (terato). Paling parah adalah keadaan tidak ditemukannya spermatozoa sama sekali, atau yang disebut dengan azoospermia. Kelainan spermatozoa ini bisa disebabkan varikokel (pelebaran pembuluh vena di kantung Testis), idiopatik, faktor genetik, sumbatan saluran spermatozoa (obstruksi), kelainan bawaan sejak lahir, infeksi menular seksual, atau juga karena gangguan hormon.



◄ Newer Post Older Post ►