Jumat, 10 Agustus 2012

Curiosity Kirim Foto Gunung di Kawah Mars

Foto Gunung Sharp yang diambil Curiosity	VIVAnews - Curiosity, kendaraan robotik (rover) milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), mulai beraksi di Mars, setelah sukses mendarat kemarin. Seperti yang direncanaan, Curiosity pun kembali melanjutkan untuk mengambil foto permukaan planet merah tersebut.

Mengutip laman Space.com, Curosity berhasil mengirim foto pegunungan yang membentang tinggi di salah satu kawah misterius yang ada di Mars. Foto itu dirilis NASA hari ini, di Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, AS, kurang dari 24 jam sejak pertama kali rover itu mendarat.

Deputy Scientist Mars Science Laboratory di JPL NASA, Joy Crisp, mengatakan foto diambil dengan resolusi penuh, dari salah satu Hazard Avoidance Camera atau Hazcams di rover.

Adapun foto yang diambil itu adalah Gunung Sharp. Ini merupakan gunung di Mars yang membentang setinggi 5 kilometer dari pusat Kawah Gale. Banyaknya lapisan geologi di gunung itu menarik perhatian para ilmuwan. Sehingga, mereka pun berharap bisa mencatat perubahan yang terjadi di Mars tiap waktu.

"Ini lebih tinggi dari gunung yang ada di 48 negara bagian AS. Jadi ini cukup spektakuler," kata Crisp. "Apa yang ditangkap mata Anda adalah pasir gelap sepanjang bagian dasar Gunung Sharp," ucap Crisp.

Foto itu juga memperlihatkan tak ada halangan berarti untuk perjalanan rover. Dari foto itu, Crisp dan koleganya menduga jarak Curiosity dengan gunung itu sekitar 6,5 kilometer. Para pengendali misi ini juga akan naik ke gunung itu untuk mengeksplorasi lapisan-lapisan bebatuan dan tanah di Mars.

Selain itu, foto yang diambil Hazcam juga memperlihatkan Curiosity yang memandang ke cakrawala, di sebelah barat daya dari Kawah Gale. "Kita bisa lihat roda rover. Ini sangat datar dengan beberapa kerikil. Tidak ada hambatan untuk mengendara. Kami bisa menyetir ke depan atau belakang," ucap Crisp. (umi)




sumber
◄ Newer Post Older Post ►