Selasa, 31 Juli 2012

TIPS Cara Migrasi Ke Australia

TIPS Cara Migrasi, Cara Pindah Ke Australia

Artikel ini sekedar berbagi info bagi rekan-rekan yang mau Cari Kerja di Australia, tinggal di Australia atau pindah ke Australia ( info ini di dapat dari para senior yang sudah 10 tahunan di Australia dan ternyata banyak yang perlu recheck lagi)
TIPS Migrasi, Australia


1. Nunggu PR (Permanent Resident) atau cukup Visa kerja (457)?
Emang kebanyakan lowongan buat PR dan enak kalo udah PR karena tidak perlu beli health insurance (besarnya $500/bulan untuk family 3 anak) dan school fee ($4500/annum) untuk sekolah anak-anak dan juga bisa pindah2 kerja. Pinter-pinter nego aja supaya asuransi dan sekolah anak dibayarin kantor.
Tapi jangan kuatir, kalo kita pake visa kerja (457), expenses kita untuk food (ditentukan pemerintah, untuk family 3 anak sekitar $20K/annum) dan sewa rumah setahun tidak dikenai pajak karena dianggap Leaving Away From Home Allowance-LAFHA (see: http://www.lafha.com.au/) itu sangat memperkecil pajak yg kalo PR dan citizen besarnya bisa 38% after income $80K/annum (see: http://www.ato.gov.au/individuals/content.asp?doc=%2Fcontent%2F12333.htm&mnu=42904&mfp=001%2F002). Dua-duanya ada bagusnya dan yg penting pindah dulu aja

2. Gimana cara apply visa kerja atau cara Apply Permanent Rresident (PR)?
Semua info dan ‘how to’-nya ada wizard link berikut: http://www.immi.gov.au/visawizard/
Cara cepat dan praktis Untuk apply PR adalah dengan cara minta relokasi dari company anda yg sekarang ini, dan jurus ini yg saya gunakan. Untuk apply PR, ada 3 cara yg masing2 punya kelebihan dan kekurangan:
  • Apply sendiri online atau lewat kedutaan local : Keutamaannya adalah biaya pengurusannya paling murah karena tidak ada fee tambahan. Kekurangannya, semua dokumen, assesment dan tetek bengek administratif harus diurus sendiri dan ini sangat rumit. Prosesnya juga lama dan tidak tentu. Bisa sampe 1-2thn atau lebih.
     
  • Apply menggunakan jasa agen migrasi : Keutamaannya semua assesment, dokumen dan administrasi diurusi oleh agen yg sudah berpengalaman. Prosesnya lebih cepat dalam hitungan bulan. Kekurangannya Biaya agen lumayan mahal. Paling murah sekitar AU$6K.
    Note: Pastikan agen migrasi anda resmi authorized by DIAC (imigrasinya OZ).
      
  • Apply menggunakan Employer Schema : Ini tergantung company tempat anda bekerja apa mau memberi sponsor untuk aplikasi PR atau tidak. Biasanya karena cost-nya yg sekitar AU$10K sehingga employer bias saja setuju kasih sponsor tapi sharing cost dengan employee.
    Keutamaan: Paper work diurus sama agen company yg sudah pengalaman. Proses bisa dalam hitungan minggu.
    Kekurangan: Pinter2 aja melobi bos anda supaya mau kasih sponsor dan tanggung biaya 100%
    Proses ini yg akan saya pakai kalo nanti2 tertarik untuk ambil PR
3. Gimana patokan salary di Australia?
http://au.hudson.com/documents/EmpAu_SalaryGuide_ICT.pdf
http://www.robertwalters.com.au/resources/salarysurvey2010/Australia_Salary_Survey_2010.pdf

4. Gimana cari lowongan kerja di Australia?
http://jobs.au.hudson.com/
http://www.roberthalf.com.au/
http://www.robertwalters.com.au/
http://www.kellyservices.com.au
http://www.jobsearch.com.au/
http://www.seek.com.au/
http://mycareer.com.au/
http://www.jobseeker.com.au/
http://nowhiring.com.au/

5. Gimana cari sekolah di Australia?
Ini yg kudu diketahui, untuk cari sekolah lokal harus sudah punya alamat tetap, jadi harus punya rental agreement dulu untuk mendaftar sesuai daerah tempat tinggal kita. Sekolah tidak bisa menolak pendaftaran anak kita kalo kita sudah punya bukti tinggal. School locator ada disini: http://www.schools.nsw.edu.au/schoolfind/locator/?

6. Gimana cari rumah di Australia?
Untuk viewing rumah/apartment2 yg disewakan biasanya agen disini hanya melakukannya pada hari sabtu dan hanya 15 menit inspection. Setelah itu kalo kita suka harus minta form aplikasi disertai bukti income kita dan selanjutnya terus berdoa karena nasib ditentukan oleh landlord Jadi jangan buang2 waktu, tentukan pilihan lokasi, type rumah, dan harga yg paling sesuai dan dateng tepat waktu sesuai yg agen iklankan. Untuk iklan2 rental property bisa dilihat disini:
http://www.realestate.com.au/rent
http://www.domain.com.au/?mode=rent

7. Gimana cari mobil di Australia?
Untuk cari mobil perlu dicamkan bahwa banyak hidden fee yg bisa kita hindari kalo kita sudah menentukan pilihan. Bagusnya beli langsung dari dealer resmi supaya tidak keblondrok. Pastikan untuk membandingkan 2-3 quote dari dealer yg berbeda dan minta sebanyak mungkin fee2 yg bisa dihilangkan sebelum melakukan pembelian terutama kalo belinya kredit. Untuk cari mobil bisa dilihat disini:
http://www.drive.com.au/
http://www.carsguide.com.au/
http://www.carsales.com.au/

8. Gimana cari masjid di Australia?
Masjid banyak karena banyak migrant dari timteng. Lagian komunitas muslim Indonesia sangat aktif disini dan beberapa malah sudah punya mesjid sendiri. Masjid umum bisa dilihat disini:
http://www.international.mq.edu.au/macquarie/sydney/religion/mosques
Masjid dan aktifitas muslim Indonesia bisa dilihat disini:
http://web.cidensw.net/
http://iqro.org.au/

9. Gimana cari makanan halal di Australia?
Gampang, banyak dan segar-segar khas down-under
http://www.international.mq.edu.au/macquarie/sydney/religion/halal_butchers
Untuk supermarket2 dan toko2 halal, souvenir2 islami, banyak di temui di daerah Lakemba.

10. Gimana cuaca di Australia?
Disini meski 4 musim tapi tidak extreme alias pas-pasan. Winter tidak ada salju yg bikin ngilu, Summer tidak sepanas di gurun

11. Apalagi tentang Australia?
  • Ada little-indonesia di daerah Randwick/Kensington . Apa aja ada termasuk sambel ijo, sambel dobret, opo wae pokoke :))
  • Banyak majalah komunitas Indonesia yg berisi informasi2 yg sangat berguna untuk mempermudah hidup di Sydney yg tersedia free di supermarket2/ resto2 Indonesia.
  • Transportasi umum (train/bus) sangat memadai bahkan lebih baek dari … mana ya?
  • Jam 5 tenggo… udah diusir sama bos suruh pulang maen sama anak2
12. Apa yang nggak enak di Australia?
  • Mal tutup jam 6 sore tapi supermarket tetap buka sampe jam 12 malam. Yg biasa windows shopping awal2 bakalan tersiksa Apalagi yg biasa durenan di Geylang
    Tapi jangan kecewa dulu karena Aussie ini menurut saya adalah kombinasi Amerika dan Singapore. Meski tutup mal jam 6 seperti Amerika, tapi banyak mal2 besar seperti Singapura
    - Kemana-Kemana naik mobil, nggak bisa turun rumah ada kopi tiam atau teh tarik prata nyam2

DISCLAIMER:
Tulisan TIPS Cara Migrasi Pindah dari WNI Ke Australia ini hanya berbagi informasi, BUKAN kampanye, BUKAN ajakan, BUKAN juga perbandingan. Harahap maklum


[sumberqnoyzone.blogdetik.com]
◄ Newer Post Older Post ►