Senin, 16 Juli 2012

Cara Berlatih Membuat Tujuan yang SMART

Dalam Berlatih Membuat Tujuan SMART ini, MSB kutipkan beberapa kata yang biasa digunakan untuk mendefinisikan 5 kata dalam SMART, yaitu:
5 kata SMART Dalam Bahasa Inggris :
S (Spesific); Significant; Simple
M (Measurable); Meaningful; Motivational atau Manageable
A (attainable); Appropriate; Achievable; Agreed; Assignable; Actionable; Ambitious; Aligned; Aspirational; Acceptable; Action-focused.
R (Relevant); Result –oriented; Realistic; Resourced;
T (Timely); Time-Oriented; Time framed; Timed; Time-based; Time boxed; Time-bound; Time-spesific; timetabled; Time limited; Trackable; Tangible.


5 kata SMART Dalam Bahasa Indonesia:
S (Spesifik);  signifikan, Sederhana
M (Terukur); Berarti, Memotivasi, Tertata (terkelola)
A (Tercapai); Sesuai, Ketercapaian, Patut, Ditetapkan, ditindaklanjuti; Ambisius, Selaras, aspiratif, diterima, Tindakan-terfokus.
R (relevan), Berorientasi Hasil, Realistis, ber-sumber daya;
T (Tepat waktu), Berorientasi waktu, Bebingkai Waktu, Jangka waktu, Berbasis Waktu; Kemasan Waktu, Terikat Waktu, waktu spesifik, Terjadwal; Terbatas Waktu, Terlacak, Berwujud.

Tentu saja, selain kata-kata yang ada di atas, Anda dapat saja menjumpai kata lain yang dapat digunakan untuk mengarahkan dalam membuat tujuan SMART Anda. Sedikit hal yang dapat dijadikan pedoman dalam penyusunan tujuan SMART disajikan berikut ini.

Specific
Kata spesifik, mengandung makna yang beragam. Dalam pengertian membuat tujuan berarti harus sesuatu yang istimewa. Jadi tujuan Anda haruslah sesuatu yang sangat penting, memiliki karakteristik khusus atau khas, special, dan bersifat terbatas dan tepat. Dengan demikian maka tujuan yang Anda tuliskan menjadi jelas, tegas, mempunyai kepastian dan tertentu.
Penulisan tujuan ini akan menentukan kondisi tujuan Anda. Pernyataan tujuan Anda akan menjadi lebih detail dan berkualitas.

Selain spesifik, tujuan yang Anda tuliskan haruslah signifikan, penting dan mengandung konsekuensi yang harus diraih. Signifikan juga berarti sebuah tujuan harus mempunyai atau mengekspresikan sebuah makna, indikatif dan mengandung ide (suggestive) yang membuat Anda tergerak untuk meraihnya. Tujuan anda bukanlah terjadi secara kebetulan, tetapi sudah merupakan sebuah pemikiran yang mengindikasikan suatu sebab yang sistematis.

Walau demikian, tujuan yang Anda tuliskan haruslah tetap simple, sederhana, mudah dimengerti, ditangani, digunakan, tidak rumit atau dibuat-buat serta lugas.

Sebuah tujuan yang spesifik mempunyai kemungkinan lebih besar untuk dicapai daripada sebuah tujuan yang bersifat global. Untuk membuat tujuan yang spesifik tersebut Anda harus dapat menjawab pertanyaan “6W” berikut ini:
  • *Who:      Siapa?  (yang terlibat).
  • *What:     Apa? (yang ingin saya capai).
  • *Where:    Dimana? (identifikasi waktu).
  • *When:     Kapan? (tentukan batas waktu).
  • *Which:    Yang mana? (Identifikasi kebutuhan dan batasan-batasan).
  • *Why:      Mengapa? (Alasan yang spesifik, kegunaan atau keuntungan dari tercapainya tujuan.

CONTOH: mana yang lebih spesifik, ketika Anda menentukan tujuan Resolusi di tahun 2012 dengan mengatakan  “Get in shape” atau Anda katakan dengan tujuan yang lebih spesifik, “Bergabung dengan klub kebugaran dan berlatih 3 kali dalam seminggu”.

Measurable
Anda harus menetapkan kriteria kongkrit, yang berguna untuk mengukur kemajuan menuju pencapaian setiap tujuan yang telah Anda tetapkan. Ketika Anda mengukur kemajuan Anda, tetaplah di lajur Anda, untuk meraih tujuan sesuai tanggal target Anda, dan berusahalah dengan senang hati, hal yang akan memacu Anda untuk terus berupaya mencapai tujuan itu.

Buatlah titik-titik target pada setiap tujuan yang hendak dicapai. Titik atau poin ini sudah harus berarti (meaningful) dan merupakan tapak untuk poin berikutnya. Dengan demikian maka tujuan yang Anda buat sudah terkelola dengan baik. Dan pada setiap titik poin akan memberikan motivasi untuk melangkah ke poin berikutnya.

Untuk menentukan apakah tujuan Anda adalah terukur,  Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan. Berapa banyak? (How much? How many?), bisa berupa bilangan atau prosentase. Bagaimana saya tahu kapan itu dicapai? Tetapkan syarat-syarat pencapaian dalam tiap tahap. Hal ini bisa dilakukan secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Saya sarnkan bahwa, semua hal yang terukur secaa kualitatif dapat dikonversi menjadi kuantitaif.

Attainable
Ketika Anda mengidentifikasi tujuan paling penting yang ingin dicapai, Anda juga pasti mulai mencari cara untuk dapat membuatnya menjadi kenyataan. Anda akan mengembangkan sikap, kemampuan, keterampilan, dan kemampuan finansial terbaik untuk meraihnya. Anda mulai melihat peluang yang sebelumnya terabaikan yang dapat membawa diri Anda lebih dekat kepada pencapaian tujuan Anda.

Anda dapat mencapai hampir setiap tujuan yang Anda tetapkan, bila Anda merencanakan langkah Anda dengan bijaksana dan menetapkan kerangka waktunya, memungkinkan Anda untuk melaksanakan langkah-langkah tersebut. Tujuan itu awalnya mungkin tampak jauh dan berada di luar jangkauan, tetapi perlahan akan bergerak mendekat dan dapat diraih. Hal ini terjadi bukan karena tujuan Anda menyusut, tetapi karena Anda tumbuh dan berkembang untuk meraihnya. Ketika Anda membuat daftar tujuan tanpa sadar sebenarnya Anda mencoba membangun citra diri Anda. Anda melihat diri Anda sebagai hal berharga dalam tujuan-tujuan tersebut, dan mengembangkan sifat serta kepribadian untuk mencapai segala tujuan di daftar Anda.

Anda boleh membuat tujuan yang ambisius, tetapi tetap patut untuk ditindak lanjuti dan dapat dicapai (achieveable). Masing-masing tujuan yang Anda tetapkan hendaklah selaras satu dengan yang lain, sehingga tindakan-tindakan yang Anda jalankan lebih terfokus.

Realistic
Harus realistis, tujuan harus mewakili sebuah obyektif yang Anda ingin dan mampu kerjakan.  Sebuah tujuan dapat saja sangat tinggi dan tetap realistis, Anda satu-satunya yang dapat memutuskan seberapa tinggi tujuan Anda seharusnya.  Tetapi pastikan bahwa setiap tujuan  mewakili sebuah kemajuan yang substansial.

Tujuan yang tinggi sering lebih mudah dicapai, karena tujuan yang rendah/dangkal  juga menimbulkan gairah motivasi yang juga rendah.

Timely 
Sebuah tujuan haruslah dilengkapi dengan bingkai waktu. Ketiadaan bingkai waktu, menyiratkan tiadanya hal penting (urgensi) dalam tujuan Anda. 

Jika Anda ingin turun 10 kg, kapan hal ini Anda inginkan terjadi?  “Suatu Hari, kapan???”  Tetapi jika sudah Anda canangkan waktunya (misal 10 Juli 2012), secara tidak sadar Anda telah men-setting  pikiran bawah sadar Anda untuk mulai bergerak mencapai tujuan itu.

Sampai disini, saya berharap Anda sudah mulai memahami dan termotivasi bagaimana seharusnya membuat tujuan yang SMART. Untuk menjadi pemain professional, Lionel Messi terus berlatih, bukankah Anda harusnya juga demikian?



Mengembangkan tujuan, merupakan hal penting, baik untuk diri pribadi maupun dalam sebuah organisasi. Dalam sebuah organisasi, menetapkan tujuan juga berguna untuk menilai kinerja karyawan. Setiap tahun, sebuah organisasi akan menetapkan tujuan yang akan dicapai pada tahun tersebut. Masing-masing departemen, bidang, bagian, unit, sampai pada individu diminta untuk membuat tujuan, untuk menunjang tujuan umum organisasi. Untuk itu Anda perlu berlatih untuk membuat tujuan untuk diri sendiri terlebih dahulu, tentu tujuan yang SMART !

Sekarang mari berlatih membuat Tujuan yang SMART, caranya dengan menjawab dan mengikuti pola yang saya berikan dibawah ini. Tentu saja, Anda bisa mengembangkan petanyaan sesuai dengan penjelasan diatas.

 Berlatih Membuat Tujuan Yang SMART

Menetapkan Tujuan
  1. Apa Tujuan spesifik Anda? ______________________________________________ ___________________________________________________________________________________
  2. Bagaimana dan mengapa Anda merasa bahwa tujuan di atas manageable? ________________________________________________________________
  3. Mengapa tujuan ini patut atau sesuai dan dapat tercapai?  __________________________________________________________________________________
  4. Mengapa Anda percaya bahwa tujuan itu realistis?  __________________________________________________________________________________
  5. Kapan waktu Anda untuk menyelesaikan tujuan ini?  _______________________________________________________________________________
  
Tuliskan tujuan-tujuan berikut ini dan jadikan menjadi tujuan yang SMART

Contoh: SAYA AKAN BERBUAT LEBIH BAIK DI SEKOLAH
Tujuan SMART : Saya akan meningkatkan nilai Matematika dan IPA sebesar 10% pada ujian akhir sekolah (UAS) dengan mengerjakan semua PR dengan lebih baik dan teratur serta mempelajari kembali catatan-catatan seusai sekolah.
  • Saya akan menjadi fit _______________________________________________________________________________
  • Saya akan berhemat ________________________________________________________________________________
  • Saya akan belajar lebih keras di sekolah  _____________________________________________________________________________
  • Saya akan mempunyai teman baru  ______________________________________________________________________________
Menetapkan Tujuan Di Masa Depan:

Apa yang Anda harapkan pada segi kehidupan Anda tentang:
Keuangan? __________________________________________________________________________________________
Kesehatan? _________________________________________________________________________________________
Pertemanan? _______________________________________________________________________________________
Pendidikan? ________________________________________________________________________________________
Kekerabatan/family? _________________________________________________________________________________
Apa yang dapat membuat Anda bahagia? _________________________________________________________________________
Apa hal terbesar yang telah Anda capai sampai hari ini? ____________________________________________________________________________

Jadikan hal tersebut menjadi tujuan SMART Anda! 
____________________________________________________________________________________________

Harapan di Masa Depan:
  1. Dimana posisi Anda 1 tahun dari sekarang? _____________________________________________________________ ________________________________________________________________________________________________________________________
  2. Apa yang harus Anda lakukan untuk mencapainya? ___________________________________________________ __________________________________________________________________________________________________________________________
  3. Tulislah sebuah tujuan SMART berdasarkan jawaban Anda Dimana posisi Anda 1 tahun dari sekarang! _______________________________________________________________________________________


  1. Dimana posisi Anda 5 tahun mendatang? _________________________________________________________________ __________________________________________________________________________________________________________________________
  2. Apa yang Anda lakukan untuk meraihnya? _______________________________________________________________ __________________________________________________________________________________________________________________________
  3. Tulislah sebuah tujuan SMART berdasarkan jawaban Anda Dimana posisi Anda 5 tahun dari sekarang!  ____________________________________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________________________________________________________


Jadikan Tujuan Negatif berikut ini Menjadi Tujuan Positif Anda :


Contoh: Saya tidak ingin ada masalah pada liburan sekalah semester ini
Solusi : Selama liburan nanti, saya akan menjaga tangan, mulut, pikiran dan akan mengembangkan sikap positif dilingkungan teman-teman.
  • Saya tidak akan makan makanan “junk food” lagi _____________________________________________________
  • Saya tidak akan memboroskan uang ________________________________________________________________________
  • Saya tidak akan malas mengerjakan PR ___________________________________________________________________
  • Saya tidak akan lupa berolah raga __________________________________________________________________________


Hambatan dan Kendala

Pada bagian ini, tuliskan 2 atau 3 hambatan atau kendala (terkait perilaku Anda) yang dapat mencegah Anda dalam meraih Tujuan _____________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________________________________________________
Tulislah tujuan SMART untuk menghentikan atau setidaknya meminimalisir perilaku negative Anda di atas (Nyatakan dalam bentuk positf) ___________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________________________________________________

Apa yang mencegah Anda dalam meraih tujuan Anda? _______________________________________________________
Apa yang akan Anda lakukan untuk memastikan Anda meraih tujuan? _________________________________
Siapa yang dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda, mengapa? ___________________________________
Tulislah, tiga hal yang dapat membantu Anda mencapai tujuan ini! ______________________________________

Keberhasilan Latihan dalam membuat tujuan yang SMART ini bergantung pada kesungguhan dan usaha Anda. Menelisik dan introspeksi terhadap hambatan atau kendala dari dalam diri sendiri merupakan hal yang sangat penting. Karena banyak kegagalan yang justru disebabkan oleh hambatan internal ini, bukan kendala eksternal.
Bila Anda masih menemui hambatan dalam menetapkan tujuan, MSB siap berdiskusi dengan Anda kapan saja. Hubungi MSB di bagusjihad@y7mail.com dengan subyek Tujuan SMART.

Selamat berlatih !!!


Semoga Menghibur dan Bermanfaat, 
Di Poskan Oleh : www.armhando.com . 
Berita Aneh,Unik,Lucu,Hot Terbaik dan Terbaru. 


[sumber;baguserek.blogspot.com]
◄ Newer Post Older Post ►