Aplikasi e-commerce dan etalase toko online (storefronts) pada Facebook memungkinkan bagi para pengguna social media tsb melakukan penyesuaian aplikasi keranjangan belanja ( shopping cart) kedalam halanan FanPages masing-masing, atau profil mereka supaya dapat lansung aktif menjual produk/ jasa secara online di Facebook.
Jaringan Media sosial seperti Facebook sepertinya tidak lagi digunakan hanya upload album foto, atau memeriksa status update terbaru teman-teman Anda. Kini E-commerce telah berevolusi dan berasimilasi dengan platform jaringan media sosial sehingga muncul solusi social e-commerce yang dapat menjadi satu dengan interaktifitas kegiatan secara real-time dalam jaringan media sosial online.
Aplikasi Store Fronts di facebook ini menawarkan banyak peluang baru bagi para pemilik usaha yg sudah memiliki akun facebook, ketika mereka ingin memperluas pengaruh dan mempromosikan toko online mereka dalam komunitas sosial facebook yang makin ‘bengkak’.
Dalam daftar review di bawah ini beberapa jenis aplikasi storefronts telah diidentifikasi sebagai alat bantu yang terbaik proses e-commerce / jualan secara online di Facebook. Jangan kuatir jika diantara kita masih ada yg belum terbiasa dengan Facebook Application Tools, jadi jika sudah ‘kebelet’ ingin menjajalnya maka silahkan lihat Panduan untuk informasi lebih lanjut mengenai aplikasi-aplikasi storefronts a la facebook berikut ini :
- Payvment -  Sebagai solusi Storefront e-commerce yang  terbilang lengkap , aplikasi ini memudahkan proses kustomisasi/  perubahan penyesuaian berdasarkan selera masing-masing dalam menjual  produk online secara langsung dari Facebook. Pebisnis dengan mudah  menambahkan daftar produk baru, membuat kategori, upload gambar produk,  menambahkan kode HTML, dan banyak lagi. Tabel Produk juga dapat diedit  dan diubah setiap saat dan persediaan secara otomatis dilacak. Salah  satu fitur yang sangat keren adalah proses sinkronisasi aplikasi  keranjang belanja (shopping cart) dengan situs web pebisnis yang sudah ada sebelumnya. Juga yang termasuk menggoda adalah “HARGA KHUSUS PENGGEMAR” (fans price) yang memprovokasi calon  pembeli di facebook menjadi penggemar atau meng-klik tombol “Suka” pada  halaman Facebook Pebisnis. Lalu sebagai imbalannya para penggemar tsb  diberi hak harga diskon khusus pembelian produk-produk online yg  dipromosikan dalam facebook. Sebagai solusi Storefront e-commerce yang  terbilang lengkap , aplikasi ini memudahkan proses kustomisasi/  perubahan penyesuaian berdasarkan selera masing-masing dalam menjual  produk online secara langsung dari Facebook. Pebisnis dengan mudah  menambahkan daftar produk baru, membuat kategori, upload gambar produk,  menambahkan kode HTML, dan banyak lagi. Tabel Produk juga dapat diedit  dan diubah setiap saat dan persediaan secara otomatis dilacak. Salah  satu fitur yang sangat keren adalah proses sinkronisasi aplikasi  keranjang belanja (shopping cart) dengan situs web pebisnis yang sudah ada sebelumnya. Juga yang termasuk menggoda adalah “HARGA KHUSUS PENGGEMAR” (fans price) yang memprovokasi calon  pembeli di facebook menjadi penggemar atau meng-klik tombol “Suka” pada  halaman Facebook Pebisnis. Lalu sebagai imbalannya para penggemar tsb  diberi hak harga diskon khusus pembelian produk-produk online yg  dipromosikan dalam facebook.
- BigCommerce SocialShop - memungkinkan pengguna BigCommerce yang bisa berupa  UKM  maupun perusahaan besar, berjualan di Facebook dengan aplikasi Shopping  cart khusus. Pebisnis yang berjualan dengan aplikasi BigCommerce harus  menambahkan tab baru ke halaman fanpage mereka di Facebook di mana  produk mereka akan dicantumkan. Sehingga para penggemar (Fans) dapat  melihat item, berbagi perasaan/ pendapat dengan teman-teman mereka di  facebook, atau segera berminat dan membeli langsung produk tsb dari toko  Facebook di fanpage para pebisnis. UKM  maupun perusahaan besar, berjualan di Facebook dengan aplikasi Shopping  cart khusus. Pebisnis yang berjualan dengan aplikasi BigCommerce harus  menambahkan tab baru ke halaman fanpage mereka di Facebook di mana  produk mereka akan dicantumkan. Sehingga para penggemar (Fans) dapat  melihat item, berbagi perasaan/ pendapat dengan teman-teman mereka di  facebook, atau segera berminat dan membeli langsung produk tsb dari toko  Facebook di fanpage para pebisnis.
- Sosial Store Builder - aplikasi e-commerce yang dibuat Volusion bagi user yang telah  subscribed  dan ingin berjualan pada halaman Facebook masing-masing. Namun  sebelumnya Anda harus menjadi pelanggan Volusion paket ‘Gold’ atauyang  lebih tinggi dulu. Proses Setupnya sederhana dimana perlu proses  instalasi aplikasi storefrontnya pada fanpage masing-masing, kemudian mengimpor daftar produk dari workspace dari portal ecommerce di website Volusion masing-masing. subscribed  dan ingin berjualan pada halaman Facebook masing-masing. Namun  sebelumnya Anda harus menjadi pelanggan Volusion paket ‘Gold’ atauyang  lebih tinggi dulu. Proses Setupnya sederhana dimana perlu proses  instalasi aplikasi storefrontnya pada fanpage masing-masing, kemudian mengimpor daftar produk dari workspace dari portal ecommerce di website Volusion masing-masing.
- Ecwid - Sebuah aplikasi shopping cart gratisan yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke  dalam profil Anda sendiri untuk menjual di Facebook. Aplikasi e-commerce a la ecwid ini memanfaatkan teknologi AJAX dan fungsi drag-n-drop  demi kemudahan pebisnis mengelola toko online mereka di facebook. Salah  satu manfaat utama ecwid adalah pebisnis dapat menambah jumlah toko online a la Ecwid mereka ( ecwid outlets ) dengan hanya copy dan insert kode widget  ke sejumlah situs atau jaringan sosial lainnya. Selanjutnya, pebisnis  dapat mengawasi kinerja penjualan/ promosi dari satu lokasi saja. dalam profil Anda sendiri untuk menjual di Facebook. Aplikasi e-commerce a la ecwid ini memanfaatkan teknologi AJAX dan fungsi drag-n-drop  demi kemudahan pebisnis mengelola toko online mereka di facebook. Salah  satu manfaat utama ecwid adalah pebisnis dapat menambah jumlah toko online a la Ecwid mereka ( ecwid outlets ) dengan hanya copy dan insert kode widget  ke sejumlah situs atau jaringan sosial lainnya. Selanjutnya, pebisnis  dapat mengawasi kinerja penjualan/ promosi dari satu lokasi saja.
- My Etsy - aplikasi Storefront di facebook yang memungkinkan pebisnis menambahkan tab  ke  fanpage atau profil pebisnis agar menampilkan toko online Etsy  masing-masing. Sebetulnya Etsy merupakan pasar online di mana pedagang  dan konsumen dapat membeli dan menjual barang-barang handmade/  handycrafts (ketrampilan tangan). Setelah memasang aplikasi My Etsy di  Facebook, pengunjung segera dapat melihat toko Etsy pebisnis dengan  kenyamanan khas Facebook kemudian berbagi pendapat dengan teman-teman  mereka. ke  fanpage atau profil pebisnis agar menampilkan toko online Etsy  masing-masing. Sebetulnya Etsy merupakan pasar online di mana pedagang  dan konsumen dapat membeli dan menjual barang-barang handmade/  handycrafts (ketrampilan tangan). Setelah memasang aplikasi My Etsy di  Facebook, pengunjung segera dapat melihat toko Etsy pebisnis dengan  kenyamanan khas Facebook kemudian berbagi pendapat dengan teman-teman  mereka.
- Marketplace - applikasi gratisan Facebook yang sudah secara luas digunakan  komunitasnya  untuk membeli dan menjual apa saja melalui jaringan sosial facebook.  Gagasan untuk menciptakan sebuah mal sosial adalah memberikan penggunaan  terbuka dari pengguna Facebook berjualan langsung kepada jaringan  teman-teman mereka sendiri. Menggabungkan baris-baris reklame produk  dengan jejaring sosial, Marketplace memberikan opsi barter dengan orang yang sudah Anda kenal dan percaya. komunitasnya  untuk membeli dan menjual apa saja melalui jaringan sosial facebook.  Gagasan untuk menciptakan sebuah mal sosial adalah memberikan penggunaan  terbuka dari pengguna Facebook berjualan langsung kepada jaringan  teman-teman mereka sendiri. Menggabungkan baris-baris reklame produk  dengan jejaring sosial, Marketplace memberikan opsi barter dengan orang yang sudah Anda kenal dan percaya.
- CafePress - Ketika hendak berjualan barang-barang /jasa pebisnis dengan CafePress,  mereka  bisa mempromosikan barang-barang/ jasa mereka melalui profil Facebook  masing-masing menggunakan aplikasi ini. Lalu CafePress akan menerbitkan  item barang/ jasa tsb pada profil facebook pebisnis, dan memberikan  akses ke semua teman pebisnis di Facebook. Bagi pebisis yang  berpartisipasi dalam Program Afiliasi CafePress, maka akan  disertakan link afiliasi terkait toko penjualan item barang/ jasa  tertentu. Dengan cara ini, pebisnis akan lebih mampu memanfaatkan grafik  keterkaitan sosial dalam facebook pebisnis sendiri ketika aktif  berjualan, dan mendapatkan respon balik dengan cepat setelah  mempromosikan toko online a la CafePress masing-masing. mereka  bisa mempromosikan barang-barang/ jasa mereka melalui profil Facebook  masing-masing menggunakan aplikasi ini. Lalu CafePress akan menerbitkan  item barang/ jasa tsb pada profil facebook pebisnis, dan memberikan  akses ke semua teman pebisnis di Facebook. Bagi pebisis yang  berpartisipasi dalam Program Afiliasi CafePress, maka akan  disertakan link afiliasi terkait toko penjualan item barang/ jasa  tertentu. Dengan cara ini, pebisnis akan lebih mampu memanfaatkan grafik  keterkaitan sosial dalam facebook pebisnis sendiri ketika aktif  berjualan, dan mendapatkan respon balik dengan cepat setelah  mempromosikan toko online a la CafePress masing-masing.
- MyMerchStore - dibuat oleh Zazzle, yang mana MyMerchStore merupakan cara bagi  pebisnis  mengirim produk/ jasa ditampilkan pada profil facebok masing-masing.  Pebisnis juga dapat berbagi produk yang disukai, lalu menemukan  ’seniman’ lainnya yang juga sedang menjual karya mereka. Fitur pencarian  dan penemuan informasi yang ada mampu mengembangkan proses promosi para  artis seni, melalui mekanisme berbagi termasuk provokasi pengguna untuk  menyebarkan berita tentang produk yang dijual melalui aplikasi Zazzle. pebisnis  mengirim produk/ jasa ditampilkan pada profil facebok masing-masing.  Pebisnis juga dapat berbagi produk yang disukai, lalu menemukan  ’seniman’ lainnya yang juga sedang menjual karya mereka. Fitur pencarian  dan penemuan informasi yang ada mampu mengembangkan proses promosi para  artis seni, melalui mekanisme berbagi termasuk provokasi pengguna untuk  menyebarkan berita tentang produk yang dijual melalui aplikasi Zazzle.
- PhotoZ - Produk aplikasi penjualan online lainnya dari Zazzle, PhotoZ memungkinkan  pebisnis menempatkan foto di Facebook album mereka, yang akan berubah menjadi produk yang pebisnis jual di Zazzle.com.  Ini menawarkan cara yang berbeda dan memberikan dorongan ‘halus’  (sopan) produk melalui situs jejaring sosial, sementara juga melibatkan  tingkat sentimen di sekitar produk itu sendiri. Proses Tagging lain  dalam album di PhotoZ dapat mendorong teman-teman online pebisnis untuk  membeli item melalui aplkasi Zazzle dengan cara ini. pebisnis menempatkan foto di Facebook album mereka, yang akan berubah menjadi produk yang pebisnis jual di Zazzle.com.  Ini menawarkan cara yang berbeda dan memberikan dorongan ‘halus’  (sopan) produk melalui situs jejaring sosial, sementara juga melibatkan  tingkat sentimen di sekitar produk itu sendiri. Proses Tagging lain  dalam album di PhotoZ dapat mendorong teman-teman online pebisnis untuk  membeli item melalui aplkasi Zazzle dengan cara ini.
- Eventbrite - Sudah tentu sangat provokatif mempromosikan acara pertunjukkan menarik  yang   akan datang. Tetapi akan lebih mudah  menjual tiket pertunjukan jika  bisa dipesan melalui Facebook app. Masuklah ke Eventbrite, layanan  perencanaan events organizernya menggunakan aplikasi Facebook yang  memungkinkan pebisnis posting, mempromosikan dan menjual tiket untuk  acara-acara pertunjukkan yang dipromosikan. Hal ini terlaksana melalui Facebook Connect, dimana memberikan pebisnis pilihan publikasi via facebook untuk acara-acara yang dibuat melalui aplikasi Eventbrite. yang   akan datang. Tetapi akan lebih mudah  menjual tiket pertunjukan jika  bisa dipesan melalui Facebook app. Masuklah ke Eventbrite, layanan  perencanaan events organizernya menggunakan aplikasi Facebook yang  memungkinkan pebisnis posting, mempromosikan dan menjual tiket untuk  acara-acara pertunjukkan yang dipromosikan. Hal ini terlaksana melalui Facebook Connect, dimana memberikan pebisnis pilihan publikasi via facebook untuk acara-acara yang dibuat melalui aplikasi Eventbrite.
- Bodega - Banyak orang yang menghasilkan uang di Facebook dengan menjual produk  virtual/  digital. Para pebisnis lainpun dapat melakukan hal yang sama, tanpa  harus menciptakan aplikasi khusus sendiri-sendiri. Bodega ini  memungkinkan pebisnis membeli dan menjual item barang-barang virtual,  dan memberikan pendapatan uang nyata untuk usaha mereka. Munculnya  pilihan konsumen terhadap penjualan langsung dalam lingkungan media  sosial secara online semacam facebook, Aplikasi Bodega cocok untuk  diterapkan pada pemasaran social casual game online dan produk virtual ke tingkat keuntungan selanjutnya. virtual/  digital. Para pebisnis lainpun dapat melakukan hal yang sama, tanpa  harus menciptakan aplikasi khusus sendiri-sendiri. Bodega ini  memungkinkan pebisnis membeli dan menjual item barang-barang virtual,  dan memberikan pendapatan uang nyata untuk usaha mereka. Munculnya  pilihan konsumen terhadap penjualan langsung dalam lingkungan media  sosial secara online semacam facebook, Aplikasi Bodega cocok untuk  diterapkan pada pemasaran social casual game online dan produk virtual ke tingkat keuntungan selanjutnya.
- eBay Auctions - memungkinkan pebisnis melakukan posting daftar penjualan barang di eBay muncul  di  profil Facebook mereka. Dengan begitu, pebisnis memperluas jaringan  pemasaran mereka, menyebarkan ke dalam ‘kolam’ komunitas yang lebih luas  demi menjaring pelanggan potensial. Sebagaimana halnya aplikasi iklan  baris yang sifatnya hampir sama, faktor kepercayaan merupakan faktor  kritikal yang membuat dampak baik/ buruk dengan grafik interaksi sosial  para pengguna media sosial online. Melalui Profile Facebook  yang bisa diatur dengan privasi yg diperbaharui, maka sebuah aplikasi  seperti eBay dapat memiliki meningkatkan potensi pemasaran melalui  jaringan Facebook, terutama jika ditambahkan ke Fanpage publik. di  profil Facebook mereka. Dengan begitu, pebisnis memperluas jaringan  pemasaran mereka, menyebarkan ke dalam ‘kolam’ komunitas yang lebih luas  demi menjaring pelanggan potensial. Sebagaimana halnya aplikasi iklan  baris yang sifatnya hampir sama, faktor kepercayaan merupakan faktor  kritikal yang membuat dampak baik/ buruk dengan grafik interaksi sosial  para pengguna media sosial online. Melalui Profile Facebook  yang bisa diatur dengan privasi yg diperbaharui, maka sebuah aplikasi  seperti eBay dapat memiliki meningkatkan potensi pemasaran melalui  jaringan Facebook, terutama jika ditambahkan ke Fanpage publik.
- Shopit - aplikasi Facebook yang membuat interfaces buat toko online dalam profil facebook pebisnis.  MenJual item dalam account Shopit, maka pebisnis dapat lebih mempromosikan produk/ jasa mereka melalui Facebook. Mirip dengan aplikasi iklan baris di facebook-Marketplace,  pebisnis dapat menjual item pebisnis sendiri melalui aplikasi Shopit.  Idenya adalah untuk meningkatkan kadar silaturahmi dengan orang-orang  yang sudah dikenal, meningkatkan faktor kepercayaan dan meminimalkan  waktu yang dihabiskan konsumen untuk meneliti kualitas sipenjual. MenJual item dalam account Shopit, maka pebisnis dapat lebih mempromosikan produk/ jasa mereka melalui Facebook. Mirip dengan aplikasi iklan baris di facebook-Marketplace,  pebisnis dapat menjual item pebisnis sendiri melalui aplikasi Shopit.  Idenya adalah untuk meningkatkan kadar silaturahmi dengan orang-orang  yang sudah dikenal, meningkatkan faktor kepercayaan dan meminimalkan  waktu yang dihabiskan konsumen untuk meneliti kualitas sipenjual.
- Musik-My Store (dari Nimbit) menawarkan interface yang dapat ditempatkan langsung  di  profil Facebook pebisnis (berbayar). Dirancang memang untuk menjual  produk musik, maka Nimbit memberi pebisnis seluruh etalase untuk menjual  musik dan barang-barang yang berhubungan dengan musik. Sebuah dampak  sampingan dari aplikasi penjualan musik a la Nimbit adalah perlunya  penempatan interfaces yg dibutuhkan pada Facebook Fanpage  demi peningkatkan penampilan estetika. Jika pebisnis mempertahankan dua  profil yang terpisah dimana kepentingan pribadi dengan komersial, maka  aplikasi ini bisa jadi solusi yang baik untuk pebisnis musik. di  profil Facebook pebisnis (berbayar). Dirancang memang untuk menjual  produk musik, maka Nimbit memberi pebisnis seluruh etalase untuk menjual  musik dan barang-barang yang berhubungan dengan musik. Sebuah dampak  sampingan dari aplikasi penjualan musik a la Nimbit adalah perlunya  penempatan interfaces yg dibutuhkan pada Facebook Fanpage  demi peningkatkan penampilan estetika. Jika pebisnis mempertahankan dua  profil yang terpisah dimana kepentingan pribadi dengan komersial, maka  aplikasi ini bisa jadi solusi yang baik untuk pebisnis musik.
- Books on Campus - bisa sebagai jaringan sosial awal bagi para mahasiswa/i, mencari  informasi  dimanakah ‘pasar’ yang lebih kondusif dalam jual-beli buku teks  pelajaran ? Aplikasi ini  menanggapi isu terkait jual-beli buku teks  pelajaran ke pelosok dunia perguruan tinggi dengan menempatkan aplikasi  nya pada facebook. Ketika mahasiswa/i berhubungan dengan sesama siswa di  media social online, maka aplikasi ini dapat memperlihatkan jaringan  buku teks pelajaran yang digunakan mahasiswa lain. informasi  dimanakah ‘pasar’ yang lebih kondusif dalam jual-beli buku teks  pelajaran ? Aplikasi ini  menanggapi isu terkait jual-beli buku teks  pelajaran ke pelosok dunia perguruan tinggi dengan menempatkan aplikasi  nya pada facebook. Ketika mahasiswa/i berhubungan dengan sesama siswa di  media social online, maka aplikasi ini dapat memperlihatkan jaringan  buku teks pelajaran yang digunakan mahasiswa lain.
Itulah Tips E commerce - Aplikasi Shopping Cart terbaik Untuk Jualan di Facebook,
Semoga Menghibur dan Bermanfaat,
Di Poskan Oleh : www.armhando.com .
Berita Aneh,Unik,Lucu,Hot Terbaik dan Terbaru.
[sumber;qnoyzone.blogdetik.com]
