Senin, 20 Agustus 2012

Hiu Paling Lelet di Dunia


Sebuah riset terbaru mengungkap bahwa hiu Greenland merupakan hiu yang paling lamban dengan kecepatan gerak di air sekira 1,6 kilometer per jam.

riset yang akan dipublikasikan di Jurnal of Experimental Marine Biology and Ecology juga menemukan kecepatan tertinggi hiu Greenland adalah 2,7 kilometer per jam.

Para Ilmuwan menggunakan tag data logging untuk mengukur kecepatan berenang dan frekuensi gerak ekor enam hiu Greenland. Pengukuran tersebut kemudian dibandingkan dengan data yang telah direkam sebelumnya mengenai hiu dan ikan lainnya.

Dengan mempertimbangkan ukuran tubuhnya dibandingkan ikan lain, frekuensi gerak ekor maupun kecepatan maksimum gerak hiu Greenland tercatat di level terendah. Para peneliti menduga lingkungan yang dingin sebagai penyebab hiu Greenland bergerak lamban.

“Banyak proses fisik, termasuk kecepatan perpendekan otot yang menurun seiring suhu semakin rendah. Ini disebut sebagai efek Q10 dan dampaknya sangat kuat. Manusia tidak merasakan hal ini karena tubuh kita tetap bersuhu tinggi meski suhu sekeliling dingin,” jelas Watanabe.

Lambannya gerak hiu Greenland membuka misteri baru bagi para peneliti. Pasalnya, banyak hiu lain yang berenang dengan cepat dan memangsa ikan atau mamalia laut lain.





sumber
◄ Newer Post Older Post ►