Senin, 20 Agustus 2012

Gara-gara Boneka beruang, 2 jendral di pecat


Dua perwira tinggi militer Belarusia dipecat gara-gara ratusan boneka beruang yang diterjunkan di kota Ivenets dan di pinggiran ibukota Minks, oleh satu pesawat ringan asing. 

Insiden yang terjadi 4 Juli 2012 silam itu, membuat Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, murka. Dia menilai komandan pasukan udara di wilayah perbatasan sudah lalai dalam melaksanakan tugasnya.

Dia pun memecat Komandan Komite Perbatasan, Mayor Jenderal Igor Rachkovsky ,dan Komandan Angkatan Udara, Mayor Jenderal Dmitry Pakhmelkin. Berita pemecatan dua jenderal ini baru tercium media, pekan lalu.

“Siapa yang bersimpati dengan gerakan ini? Apakah insiden ini sengaja dibiarkan atau memang karena lemahnya sistem pertahanan udara,” tukas Lukashenko.

Peristiwa berawal dari sebuah perusahaan kehumasan Swedia, Studio Total, menyewa sebuah pesawat ringan kemudian menyelinap masuk ke perbatasan Belarusia.

Setelah melewati perbatasan, pesawat kecil itu kemudian menerjunkan ratusan boneka beruang yang dilengkapi tulisan seruan kemerdekaan dan tuntutan kebebasan berbicara.

Boneka-boneka beruang itu diterjunkan menggunakan parasit di dekat kota Ivenets dan di pinggiran ibukota Minks.

Pesawat ringan ini memasuki perbatasan Belarusia dari tetangganya sesama negara bekas Uni Soviet, Lithuania.

sumber
◄ Newer Post Older Post ►