Minggu, 26 Agustus 2012

Aneh Pohon Pisang Tingginya Cuma 50 Cm Bertandan 11


Sekilas, pisang klutuk yang tumbuh di pekarangan belakang rumah Salim, warga Dusun Pasegan, Desa Klopo Sepuluh, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur, ini tampak biasa saja. Namun, jika diperhatikan lebih cermat, ternyata ada yang aneh.

Pisang yang tingginya cuma 50 cm dengan diameter sekitar 5 cm itu ternyata mengeluarkan ontong (tandan) sebanyak 11 tandan. Karena dirasa ada yang aneh dengan tanaman pisang ini, Salim lalu memberi pagar dari bambu agar tanamannya ini tidak rusak orang.

Bentuk ontongnya kecil-kecil layaknya daun pisang yang tumbuh di sampingnya. Namun, yang membedakan ontong dengan daun pisang, bentuknya agak tebal karena di dalamnya ada bakal pisang. Ontong yang tergolong besar ukurannya dua kali jempol orang dewasa.

Menurut Solikin, warga setempat, penemuan pohon pisang klutuk itu diketahui Salim pada Jumat (16/9/2011) siang. Selain memiliki ontong yang banyak, juga terdapat beberapa bunga di bagian atasnya. “Setelah didekati, bunga itu ternyata ontong pisang yang jumlahnya mencapai 11 buah,” ujar Solikin, Kamis (22/9/2011).

Meski pohon pisang itu terlihat kecil, umurnya diduga sudah cukup untuk berbuah. Itu terlihat dari bekas tebangan pohon pisang, tempat pisang aneh itu tumbuh. Apalagi, sekitar tiga bulan silam, Salim menebang pohon pisang di lahannya untuk didirikan rumah salah satu anaknya. “Yang dibabat termasuk pohon pisang ini,” ujarnya.



sumber
◄ Newer Post Older Post ►