Jumat, 17 Agustus 2012

7 Tanda Kehamilan Sehat


7 Tanda kehamilan sehat
Kehamilan yang sehat membutuhkan satu hal penting, yaitu wanita yang juga dalam keadaan sehat. Semua itu pun berhubungan dengan berat badan ideal, nutrisi seimbang, dan olahraga teratur. Untuk informasi selengkapnya, coba simak tujuh tanda kehamilan sehat seperti yang dilansir dari Health Me Up (08/08) ini.
Tekanan darah dan kadar gulaDua hal tersebut merupakan parameter penting bagi kehamilan yang sehat. Mungkin ada sedikit peningkatan tekanan darah atau kadar gula, namun hal itu cukup normal. Namun waspadai perubahan drastis kedua kondisi ini. Sebab keadaan tersebut mampu memicu preeclampsia yang membuat ibu harus melahirkan dini (bayi prematur).
Rahim dan plasentaAgar janin tetap aman di dalam rahim, maka plasenta dan rahim itu sendiri harus dijaga kesehatannya. Plasenta pun harus melekat di dinding rahim. Sebab pelepasan plasenta biasanya mengarah pada kasus keguguran.
Pertumbuhan janinIbu hamil harus terus memantau kondisi janin di dalam rahimnya. Hal itu bisa dilakukan melalui pemeriksaan USG. Jika ada tanda-tanda kekurangan oksigen dalam rahim, kondisi tersebut sebaiknya diwaspadai. Bisa saja fungsi plasenta terganggu sehingga ibu dan janin mengalami masalah kesehatan.
Berat badanDokter biasanya menyarankan peningkatan berat badan 13-15 selama ibu sedang hamil. Namun jika seorang wanita sudah kelebihan berat badan, dokter memiliki anjuran tersendiri saat masa kehamilan.
Kadar hormonHormon progesteron wanita bisa mencapai kadar 400 mg saat hamil. Fungsi hormon tersebut adalah untuk menjaga wanita dari siklus menstruasi. Sementara itu, hormon estrogen juga memiliki peran penting bagi ibu hamil. Hormon ini membentuk jaringan rahim agar bisa menampung janin dalam perut wanita.
Perut yang membesarDokter idealnya mengukur perut ibu hamil untuk memantau perkembangan janin. Dokter pun akan memastikan perkembangan kesehatan janin dalam perut ibu.
Pergerakan janinSelain ukuran perut, pergerakan janin juga diperiksa oleh dokter. Di antara minggu ke-6 dan ke-10 masa kehamilan, biasanya ibu akan merasakan pergerakan janin. Pergerakan ini dianggap sebagai tanda bayi sehat dan menerima oksigen cukup.
Nah, itu dia ketujuh tanda kehamilan sehat. Jika Anda merasakan hal yang tidak wajar, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ya!

sumber
◄ Newer Post Older Post ►