Jumat, 17 Agustus 2012

6 Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar


Cara mengatasi susah buang air besar
Susah buang air besar? Hati-hati! Sembelit bisa menyebabkan kelelahan, jerawat, masalah kulit, dan bau mulut.

Sembelit atau konstipasi adalah masalah pencernaan paling umum yang sering kita hadapi. Hal itu bisa disebabkan oleh efek obat-obatan, kurang olahraga, pola makan yang buruk, dan dehidrasi. Berikut adalah solusi tepat untuk mengatasi sembelit tanpa obat pencahar, seperti dilansir Lifemojo.

1. Hindari kafein!

Minuman berkafein bisa menyebabkan dehidrasi. Kurangnya cairan dalam tubuh menimbulkan masalah pencernaan, terutama sembelit.

2. Minum banyak air

Anda disarankan untuk minum minimal 8 gelas air per hari. Selain mencegah sembelit, air dapat mengeluarkan racun dari tubuh.

3. Makanan olahan

Makanan olahan mengandung sedikit serat yang dibutuhkan tubuh. Ingat, kekurangan serat menyebabkan susah buang air besar lho. Maka, sebaiknya perbanyak makan buah-buahan dan sayuran segar.

4. Makanan berat di malam hari

Ngemil di malam hari sih boleh, asal tidak kebablasan. Tubuh hanya memiliki sedikit waktu untuk mencerna makanan di malam hari. Akibatnya, makanan tidak dicerna dengan baik dan menyebabkan konstipasi deh.

5. Pola makan tidak teratur

Pola makan yang berantakan bisa menimbulkan masalah pencernaan, terutama sembelit. Makanlah saat lapar dan berhentilah sebelum kenyang.

6. Obat-obatan kimia

Obat-obatan berbahan kimia sering kali memiliki efek samping seperti sembelit atau konstipasi. Jadi, jangan terlalu sering mengonsumsi obat-obatan kimia. Anda mungkin bisa beralih ke produk herbal yang lebih sehat.

Masalah sembelit bisa memicu munculnya kanker usus besar, apabila tidak ditangani dengan baik. Untuk menangkal sembelit, lakukan olahraga secara rutin dan konsumsi makanan berserat tinggi.

sumber

◄ Newer Post Older Post ►